Gagal Golden Slam, Novak Djokovic Ingin Coba Tiga Tahun Lagi

Novak Djokovic belum menyerah menyamai pencapaian Golden Slam milik Rafael Nadal.

Novak Djokovic. (Twitter/DjokerNole)
Sun, 01 Aug 2021

Asa Novak Djokovic mencatat sejarah dengan meraih titel Golden Slam pupus, setelah menyerah 6-1, 3-6, 1-6 dari Alexander Zverev (30/7).

"Saya merasa tidak enak," kata Djokovic, yang menolak menyalahkan kondisi yang sangat lembab.

“Ini hanya olahraga. Dia bermain lebih baik. Anda harus memberinya pujian karena membalikkan keadaan. Dia melakukan servis dengan sangat baik. Saya tidak terlalu banyak melihat servis kedua.

"Servis saya turun drastis. Saya tidak mendapatkan poin gratis dari keunggulan 3-2 di set kedua. Permainan saya berantakan."

Djokovic juga gagal melaju ke final ganda campuran setelah menyerah 6-7, 5-7 dari pasangan Rusia Aslan Karatsev dan Elena Vesnina.

Pada pertandingan perebutan medali perunggu, Djokovic dari petenis Spanyol Pablo Carreno Busta 

Petenis Serbia itu kemudian mundur dari pertandingan ganda campuran perunggu karena cedera bahu.

"Saya memberikan semuanya, apa pun yang tersisa di tangki, yang tidak terlalu banyak. Saya merasakannya di lapangan," kata Djokovic, yang melempar satu raket dan menghancurkan yang lain dengan 6-4 6-7 (6- 8) Kalah 6-3 dari Carreno Busta.

Djokovic datang ke Olimpiade Tokyo 2020 dengan tujuan menjadi orang pertama yang memenangi 'Golden Slam' - emas Olimpiade ditambah keempat Grand Slam pada tahun yang sama.

Dia telah memenangi Australia Terbuka, Prancis Terbuka dan Wimbledon tahun ini dan masih akan memiliki kesempatan untuk menyelesaikan kalender langka Grand Slam di AS Terbuka, yang dimulai pada akhir Agustus.

Olimpiade Tokyo 2020, di mana rival besar Federer dan Rafael Nadal tidak bermain, mewakili peluang terbaiknya untuk 'Golden Slam' dengan kesempatan berikutnya sekarang tidak sampai 2024, ketika dia akan berusia 37 tahun.

Djokovic menyelamatkan satu match point melawan Carreno Busta pada set kedua untuk memaksakan penentuan. Akan tetapi, rasa frustrasinya memuncak di awal set ketiga ketika ia gagal mematahkan servis.

Petenis Serbia itu tampak melemparkan satu raket ke tribun kosong dan menghantamkan satu raket lagi ke tiang.

Djokovic akan memiliki kesempatan lain untuk mendapatkan medali di kemudian hari, tetapi ia mengundurkan diri dari pertandingan perebutan medali perunggu ganda campuran karena cedera bahu.

Dia dan Nina Stojanovic dijadwalkan menghadapi petenis Australia John Peers dan Ashleigh Barty.

"Saya menyesal tidak memenangi medali untuk negara saya," kata Djokovic. “Peluang hilang baik di ganda maupun tunggal. Saya tidak memberikannya kemarin dan hari ini, level tenis turun, juga karena kelelahan, mental dan fisik.

“Konsekuensinya secara fisik mudah-mudahan tidak akan menjadi masalah bagi saya untuk AS Terbuka. Itu sesuatu yang saya tidak yakin saat ini.

"Tapi saya tidak menyesal datang ke Olimpiade sama sekali. Segala sesuatu terjadi karena suatu alasan, dan saya mengalami beberapa kekalahan yang memilukan di Olimpiade dan beberapa turnamen besar dalam karir saya, dan saya tahu bahwa kekalahan itu biasanya membuat saya lebih kuat, dalam setiap aspek.

"Saya tahu bahwa saya akan bangkit kembali. Saya akan mencoba untuk terus maju untuk Olimpiade Paris."

Berita Lainnya