Gokil! Baru Berusia 12 Tahun, Abhimanyu Mishra Jadi Grandmaster Catur Termuda di Dunia!

Kawula Muda, Mishra berhasil patahkan rekor yang udah bertahan selama lebih dari 19 tahun loh!

Abhimanyu Mishra, grandmaster termuda di dunia. (Chess24)
Tue, 13 Jul 2021

Abhimanyu Mishra, pemain catur asal New Jersey, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai pecatur termuda dalam sejarah catur dunia. 

Mishra berhasil mendapatkan gelar grandmaster (GM) pada umur 12 tahun 4 bulan. Ia berhasil mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh GM Sergey Karjakin saat berusia 12 tahun 7 bulan.

Untuk mendapatkan gelar GM, seorang pecatur harus mencapai tiga peraturan syarat grandmaster, yaitu mendapatkan penghargaan tertinggi berbagai turnamen catur, peringkat yang diatur kompetisi catur internasional, dan Elo di atas 2500.

Mishra meraih gelar setelah mengalahkan GM Leon Luke Mendonca pada ronde kesembilan turnamen Vezerkepzo GM Mix di Budapest, Hungária pada 30 Juni 2021. 

Kemenangan tersebut menjadi langkah terakhir Mishra untuk mendapatkan gelar GM dengan Elo di atas 2500.

“Grandmaster Abhimanyu Mishra yang berusia 12 tahun dari Englishtown, New Jersey, adalah Grandmaster (GM) termuda dalam sejarah memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh GM Rusia Sergey Karjakin,” tulis federasi catur dunia (FIDE).

Setelah diumumkan melalui FIDE, Mishra pun langsung berkicau di Twitter pribadinya. Ia mengaku merasa emosional setelah berhasil patahkan rekor yang bertahan 19 tahun 66 hari.

“Akhirnya skak mat lawan terbesar, (pandemi yang masih berlangsung) yang menghentikan saya selama 14 bulan. Terima kasih atas semua cinta dan dukungan Anda. Menanti tampil di kejuaraan dunia,” kata Mishra.

Sebelum ini, Mishra sudah pernah mendapatkan rekor. Ia berhasil memecahkan rekor master termuda Amerika Serikat saat berusia 9 tahun 2 bulan. 

Selain itu, Mishra juga pernah dinobatkan sebagai Master Internasional termuda pada usia 10 tahun 9 bulan 3 hari.

Kejuaraan Catur Dunia 2021 berlangsung pada 10 Juli hingga 3 Agustus 2021. Sebanyak 206 master tampil di kejuaraan paling bergengsi ini. Bahkan, Indonesia mengirimkan dua perwakilan, yaitu GM Susanto Megaranto dan Master Mohamad Ervan.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya