Hasil EURO 2020: Inggris Susul Italia ke Final

Timnas Inggris. (Twitter/Euro2020).
Wed, 07 Jul 2021

Inggris akhirnya maju ke babak final kejuaran UEFA Euro untuk pertama kalinya. Sempat tertinggal dari gol Mikkel Damsgaard di menit 30, Inggris membalas melalui gol bunuh diri Simon Kjaer 10 menit kemudian dan penalti Harry Kane di babak tambahan.

Selanjutnya Inggris akan menghadapi Italia di babak final Euro 2020. Babak final akan kembali digelar di Stadion Wembley Sabtu (11/7/2021) waktu setempat.

Keputusan Gareth Southgate memainkan Bukayo Saka adalah keputusan tepat. Sempat tertinggal dari tendangan bebas Damsgaard setelah Andreas Christensen dilanggar Luke Shaw.

Laju Saka tidak dapat dibendung pemain Denmark dan berhasil mengirimkan umpan ke depan gawang Kasper Schmeichel. Raheem Sterling siap menyabut bola, namun Simon Kjaer yang berusaha menghadang malah mengirim bola ke gawang sendiri.

Skor 1-1 bertahan hingga peluit tanda turun minum ditiup wasit Danny Makkelie. Dengan ini, rekor clean sheet Inggris berakhir setelah berhasil dijaga selama 691 menit.

Di menit 55, pelanggaran atas Harry Kane dimanfaatkan Mason Mount untuk mengirimkan bola ke Harry Maguire. Namun, Schmeichel dengan sigap menghalau bola.

Pertandingan berjalan seru dengan jual-beli serangan dari kedua tim. Namun hingga 90 menit waktu normal, skor tetap bertahan 1-1 bagi kedua tim.

Phil Foden dan Jordan Henderson bersiap untuk memberi angin segar di menit 93. Pada menit selanjutnya, tercipta peluang dari Kane yang berhasil ditepis Schmeichel.

Umpan silang Henderson berbuah sepak pojok bagi Inggris yang berhasil dilanjutkan Grealish ke kaki Sterling. Namun sayang, sepakan penyerang Manchester City itu masih melebar.

Kesempatan akhirnya datang pada Inggris di menit 102. Penetrasi Sterling yang dihadang Maehle, berbuah penalti kontroversial.

Pemain Denmark tampak melayangkan protes, namun pengecekan VAR berkata lain. Penalti diambil oleh Kane, sepakannya berhasil ditepis Schmeichel.

Bola liar yang lepas dari tangan kiper Leicester City itu berhasil dimanfaatkan Harry Kane yang berbuah gol. 2-1 untuk Inggris dan Wembley bergemuruh.

Di babak kedua perpanjangan waktu, permainan berjalan lebih banyak di wilayah Inggris. Harry Kane dkk tampak ingin mengulur waktu.

Skor 2-1 bertahan hingga babak perpanjangan waktu usai, dan Inggris akan bertemu Italia di final. Wembley bergemuruh seiring peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiupkan oleh Danny Makkelie.

Susunan Pemain Inggris vs Denmark

Inggris (4-2-3-1): Pickford (PG); Walker, Stones, Maguire, Shaw; Phillips, Rice; Saka, Mount, Sterling; Kane.

Pelatih: Gareth Southgate

Denmark (3-4-3): Schmeichel (PG); Christensen, Kjaer, Vestergaard; Larsen, Delaney, Hojbjerg, Maehle; Braithwaite, Dolberg, Damsgaard.

Pelatih: Kasper Hjulmand

Berita Lainnya