Intip Fakta Menarik Parade MotoGP di Jakarta, Riders Minum Wedang Jahe!

Lo termasuk yang nonton gak, Kawula Muda?

Festival MotoGP (INSTAGRAM/MOTOGP)
Wed, 16 Mar 2022


Pada Rabu (16/03/2022) pagi, motor-motor besar terlihat berparade sepanjang jalan Istana Merdeka hingga Bundaran Hotel Indonesia. Parade tersebut merupakan salah satu bagian dari gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung pada Minggu (20/03/2022) mendatang.

Pembalap Minum Wedang Jahe di Istana

Sebelum berangkat ke jalan, 20 pembalap MotoGP. Karena jadwal parade masih di sekitar jam sarapan, Presiden melalui Kepala Sekretariat, Heru Budi Hartono, menyajikan para pembalap makanan sarapan khas Indonesia salah satunya minuman jahe.

"Ya (sambil sarapan) Minuman jahe, teh, kue, rebus-rebusan," jelas Heru Budi Hartono kepada wartawan.

Saat itu, mereka tengah menunggu untuk berfoto satu-satu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo. Selain Jokowi, terlihat juga beberapa pejabat lain yang menemani para pembalap seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Parade Dibagi dalam 3 Kelompok


Selain pembalap, memang terdapat beberapa kelompok riders yang turut berpartisipasi dalam parade tersebut. Ketika parade berlangsung, 20 pembalap MotoGP menjadi kelompok pertama yang membelah jalan Istana Presiden hingga Bundaran HI. Selanjutnya, parade dilanjutkan oleh kelompok para riders dari berbagai pabrik motor, kemudian kelompok riders dari berbagai komunitas.

Marc Marquez Tunjukan Atraksi

Saat turun di jalan, salah satu pembalap populer, Marc Marquez menunjukkan atraksi dengan membuat ban belakang motornya berkelok-kelok. Banyak pula warga yang meneriakkan “Marquez, I Love You!” saat melihat pembalap dari Honda Team tersebut. Adapun sebelumnya, Marquez diketahui merupakan salah satu pembalap yang paling banyak dimintai foto bersama ketika di Istana Negara. 

Jokowi sedang Tidak Fit

Awalnya, Jokowi dikabarkan akan ikut berparade dengan riders MotoGP, tetapi pagi tadi, Jokowi diketahui tidak mengikuti parade tersebut karena beberapa alasan. Selain karena disarankan oleh pihak protokoler kepresidenan demi alasan keamanan, Jokowi mengatakan ia sedang lemas dan kondisi tubuhnya sedang tidak fit. Karena itulah, alih-alih mengendarai motor dan mengikuti parade, ia hanya melepas para pembalap dari Istana Kepresidenan. 

Antusiasme Warga Tinggi

Antusiasme warga tinggi sambut para pembalap MotoGP (INSTAGRAM/MOTOGP)

 

Setelah dilepas Jokowi dari Istana, para pembalap menyusuri jalan sambil melambaikan satu tangannya kepada para penonton. Banyak warga yang antusias menyambut kedatangan rombongan tersebut. Sayangnya, beberapa di antara mereka berusaha menerobos ke pinggir jalan untuk berfoto maupun bersalaman dengan para pembalap. Petugas kepolisian yang berjaga di pinggir jalan pun terus mengingatkan warga untuk tidak saling mendorong maju.

Seusainya parade tersebut, para pembalap pun segera terbang ke Lombok untuk mempersiapkan diri berkompetisi di ajang MotoGP Mandalika. Sementara itu, berikut daftar 20 pembalap MotoGP yang mengikuti parade tersebut. 

1. Marc Marquez (Repsol Honda Team)

2. Pol Espargaró (Repsol Honda Team)

3. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar)

4. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar)

5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)

6. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)

7. Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP)

8. Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP)

9. Johann Zarco (Pramac Racing)

10. Jorge Martin (Pramac Racing)

11. Alex Marquez (LCR Honda Castrol)

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu)

13. Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team)

14. Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Team)

15. Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team)

16. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team)

17. Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2)

18. Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team/Moto2)

19. Mario Aji (Honda Team Asia/Moto3)

20. Veda Ega Pratama (Idemitsu Asia Talent Cup)

Berita Lainnya