Invasi Ukraina, Klub Jerman Copot Logo Sponsor dari Rusia

Logo yang dicopot adalah milik Gazprom, sebuah perusahaan energi milik Rusia

Schalke 04 copot logo Gazprom dari seragam mereka (INSTAGRAM/SCHALKE04)
Fri, 25 Feb 2022

Salah satu dampak invasi Rusia ke Ukraina sudah dapat dirasakan dalam berbagai bidang, salah satunya sepak bola. Langkah diambil oleh klub Jerman, Schalke 04, dengan mencopot logo sponsor utamanya, Gazprom, dari seragam mereka.

“Menyusul perkembangan akhir-akhir ini, FC Schalke 04 telah memutuskan untuk mencopot logo sponsor utama GAZPROM dari kaos klub. Akan digantikan dengan tulisan ‘Schalke 04’,” tulis klub tersebut di media sosial resmi Schalke dikutip pada Jumat (24/02/2022). 

Schalke 04 copot logo Gazprom dari seragam mereka (INSTAGRAM/SCHALKE04)

Keputusan tersebut diambil oleh Schalke setelah berdiskusi dengan Gazprom cabang Jerman. 

Sementara itu , Gazprom merupakan sebuah perusahaan energi milik Rusia yang telah mensponsori Schalke sejak 2007 lalu. Sebelumnya, logo Gazprom tersemat di berbagai atribut Schalke 04, mulai dari jersey, hingga pusat latihan Schalke dan Veltins Arena. 

Rusia diketahui telah mengibarkan bendera perang kepada Ukraina pada Kamis (22/02/2022). Kritik pun datang dari berbagai negara hingga tokoh-tokoh besar dunia. Di dunia sepak bola, bek kiri Manchester City, Oleksandr Zinchenko diketahui menyumpahi Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Adapun invasi tersebut diperkirakan akan berdampak kepada gelaran Piala Dunia 2022 yang akan digelar di Qatar. 

Berita Lainnya