Jelang Play Off Piala Asia 2023 Melawan Indonesia, Chinese Taipei Coret 4 Pemain Akibat Indisipliner

Karena tindakan indisipliner, Asosiasi Sepak Bola Chinese Taipei (CTFA) beri hukuman ke pelatih Wang Jiazhong dan 4 pemainnya.

Timnas Chinese Taipei jelang play off Piala Asia 2023. (Instagram/ctfa.football)
Tue, 05 Oct 2021

Pelatih Chinese Taipei Wang Jiazhong dan empat pemainnya diskors oleh Asosiasi Sepak Bola Chinese Taipei (CTFA). Jiazhong menyayangkan keputusan CTFA karena timnya akan menghadapi Timnas Indonesia di laga play-off Piala Asia 2023.

CTFA memberi sanksi skorsing untuk empat pemain Chinese Taipei atas tindakan indisipliner. Keempatnya ketahuan mabuk-mabukan dan keluar malam tanpa izin jelang laga melawan Timnas Indonesia.

Empat pemain yang mendapat skors adalah Chen Haowei, Bai Shaoyu, Duan Zhu, dan You Jiahuang. Mereka mendapatkan sanksi larangan bermain dan denda.

Sementara Li Xiangwei dan Lin Mingwei lepas dari hukuman dan hanya mendapatkan teguran tertulis. Hukuman juga diberikan pada sang pelatih, Wang Jiazhong, karena dianggap menutup-nutupi insiden tersebut.

Diskorsnya Jiazhong, praktis Timnas Chinese Taipei akan tampil tanpa didampingi dirinya. Untuk sementara, tugasnya diambil alih oleh Ye Xianzhong.

"Saya baru menerima pemberitahuan hari ini yakni CTFA telah memecat pemain kunci dalam tim dan juga menskorsing saya," kata Wang Jiazhong kepada Taipei Times.

Wang Jiazhong menyayangkan keputusan Sekjen CTFA yang terburu-buru dalam memberikan sanksi kepadanya dan empat pemain Timnas Chinese Taipei. Situasi ini dianggap bakal merugikan karena dilakukan jelang duel krusial melawan Timnas Indonesia.

"Sekjen CTFA Fang Ching-jen telah membuat langkah keterlaluan dan tak masuk akal karena dilakukan sebelum pertandingan internasional. Itu adalah keputusan yang melukai seluruh tim dan saya sangat mengutuk keputusan itu," tegas Wang Jiazhong.

Akibat skors tersebut, Chinese Taipei menghadapi krisis pemain jelang laga melawan Timnas Indonesia pada 7 dan 11 Oktober mendatang di play off Piala Asia 2023.

Chinese Taipei hanya membawa 18 pemain ke Buriram, Thailand. Mereka bahkan memboyong pemain tanpa klub, Cai Lijing, dan tim pelajar SMA, Liang Meng-hsin, karena tidak punya banyak opsi pemain.

Berita Lainnya