Jelang Semifinal, Roberto Mancini: Italia Belum Menangi Gelar

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini. (Twitter/Azzurri)
Tue, 06 Jul 2021

Roberto Mancini memperingatkan bahwa Italia belum ke final dan merasa tiket semifinal yang tidak dijual eksklusif bagi penggemar Italia dan Spanyol tidaklah adil.

Gli Azzuri akan menghadapi Spanyol di semifinal UEFA Euro 2020 di London. Pertandingan akan diselenggarakan di Stadion Wembley, Selasa (6/7/2021) waktu setempat.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Spanyol berbeda dari Belgia, dan kami masih akan menghadapi banyak kesulitan. Kami menderita melawan Austria karena agresivitas mereka dan karena itu adalah pertandingan pertama di fase gugur,” kata Mancini pada konferensi pers.

“Spanyol luar biasa selama beberapa tahun terakhir, mereka memiliki banyak pemain muda dan pelatih yang luar biasa."

“Luis Enrique memenangi Liga Champions bersama Barcelona, tetapi tidak hanya itu. Roma di bawah kepemimpinannya memainkan sepakbola yang bagus.”

Mantan ahli taktik Barcelona itu melatih Daniele De Rossi di Roma dan legenda Giallorossi itu kini menjadi bagian dari staf Mancini.

“Daniele sangat memuji Luis Enrique, tetapi dia berubah sejak saat itu. Ini akan sedikit berbeda. Spanyol pantas berada di sini,” kata Mancini.

Saat ini, salah satu kekuatan tim Italia diyakini berasal dari kesatuan grup, termasuk staf Mancini. Beberapa nama seperti Gianluca Vialli dan Attilio Lombardo, berperan besar pada staf kepelatihan Roberto Mancini.

“Vialli dan saya tumbuh bersama, kami lebih dari sekadar teman. Dia seperti saudara bagi saya, seperti mereka yang bermain di tim Sampdoria itu. Luca sedikit lebih tua, jadi kami suka mendengarkannya saat dia berbicara,” kata Mancini.

Mantan manajer Manchester City itu mengomentari fakta bahwa banyak jurnalis dan pakar Italia sudah merasa Azzurri berada di Final.

"Saya berharap mereka melakukan hal benar untuk sesekali waktu." kata sang pelatih.

“Itu tidak akan mudah, kami harus menampilkan performa yang hebat. Spanyol adalah tim papan atas dan kami berada di semifinal. Pertandingan ini tidak akan mudah.

“Sangat menyenangkan bahwa para penggemar akan berada di stadion. Namun, saya merasa tidak adil bahwa stadion tidak akan dipenuhi setengah orang Italia dan setengah sisanya orang Spanyol.” tambah sang pelatih.

Kemudian, ia membela Ciro Immobile, yang dikritik karena penampilannya melawan Belgia: 

“Dia adalah peraih Sepatu Emas, salah satu pencetak gol terbaik dalam beberapa tahun terakhir, terkadang yang paling dikritik adalah yang menentukan selama Euro atau Piala Dunia,” pungkasnya.

Berita Lainnya