Mengenal Trevoh Chalobah, Lulusan Akademi Chelsea yang Bersinar pada Laga Pembuka Premier League

Trevoh Chalobah telah meniti karier sejak bermain di akademi Chelsea sampai akhirnya mendapat kesempatan di tim utama.

Trevoh Chalobah. (Twitter/TrevohChalobah)
Sat, 14 Aug 2021

Chelsea mengawali Liga Inggris musim 2021/22 dengan mulus. Kemenangan 3-0 atas klub asal London Crystal Palace, memberikan 3 poin dan menempel ketat Manchester United di puncak klasemen sementara.

Dari 11 pemain Chelsea, Trevoh Chalobah yang kembali menarik perhatian. Sebelumnya, Chalobah tampil baik saat Chelsea memenangi UEFA Super Cup setelah menang adu penalti lawan Villareal.

Pemain kelahiran Sierra Leone 22 tahun lalu tersebut praktis kembali membuat pusing Tuchel. Melansir The Athletic, Selasa (10/8) lalu, Chalobah dikabarkan akan meninggalkan Stamford Bridge.

Adalah Valencia yang ngotot untuk menggunakan jasa alumnus Cobham tersebut untuk menghadapi kompetisi musim ini.

Meski demikian, kokohnya lini pertahanan Chelsea dengan Chalobah di jantungnya, membuat Tuchel galau dan mempertimbangkan kembali keputusannya.

Chalobah yang tampil apik di UEFA Super Cup dan berbuah gelar bagi The Blues, membuatnya kembali dipercaya menjaga lini pertahanan Chelsea di laga pembuka.

Permainan apiknya kembali berulang, Chalobah mendulang 81 umpan dengan persentase keberhasilan 92,6% dengan 2 pencegatan bola dan 2 clearance. Statistik apik tersebut juga dihiasi gol di menit 58.

Statistik yang cukup serupa juga didulangnya di laga melawan Villareal dengan 140 umpan dengan 95% keberhasilan, memenangi 5 duel, 5 clearance, dan 5 pencegatan bola dengan 2 tackle bersih.

Trevoh Chalobah sendiri merupakan pemain didikan akademi Chelsea. Ia adalah adik dari mantan pemain The Blues yang kini membela Watford, Nathaniel Chalobah. 

Trevoh bergabung dengan akademi Chelsea pada 2007 bersama sang kakak dan menandatangani kontrak profesional pertamanya pada Juni 2016. 

Akan tetapi, setelah menandatangani kontrak profesional pertamanya, ia belum sempat melakukan debut bersama The Blues dan lebih sering dipinjamkan ke klub lain. 

Pemain berpostur 190 cm itu pernah dipinjamkan ke Ipswich Town (2018-2019), Huddersfield Town (2019-2020), dan menyebrang ke Prancis untuk bermain di Ligue 1 bersama Lorient.

Bersama Lorient, Chalobah mampu menampilkan performa impresif. Ia bermain pada 29 laga Ligue 1 dan sukses mencetak dua gol plus dua assists.

Biodata Trevoh Chalobah

Nama lengkap: Trevoh Tom Chalobah

Tempat, tanggal lahir: Freetown, 5 Juli 1999

Usia: 22 tahun

Kewarganegaraan: Inggris/Sierra Leone

Tinggi badan: 190 cm

Posisi: Bek tengah/gelandang bertahan

Kaki dominan: Kanan

Karier klub senior:

- 2018-sekarang - Chelsea

- 2018-2019 - Ipswich Town (pinjam)

- 2019-2020 - Huddersfield Town (pinjam)

- 2020-2021 - Lorient (pinjam)

Berita Lainnya