Pelatih Anggap Barcelona Bermain Lebih Kompak Tanpa Lionel Messi

Meski begitu Ronald Koeman tetap berharap Messi bisa bertahan di Barcelona.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (Twitter/RonaldKoeman)
Mon, 16 Aug 2021

Barcelona membuka La Liga musim 2021/2022 dengan kemenangan 4-2 atas Real Sociedad di Camp Nou, Minggu (15/8) waktu setempat.

Laga ini sekaligus menjadi laga pertama La Blaugrana tanpa Lionel Messi setelah mereka gagal memperpanjang kontrak La Pulga.

Sang juru taktik, Ronald Koeman memuji bagaimana Camp Nou memberikan atmosfer luar biasa meski hanya bisa dihadiri sekitar 20.000 penonton karena kebijakan pandemi COVID-19.

“Sangat menyenangkan memiliki Cules di stadion, mereka mendorong kami sejak awal dan mereka bersama tim,” kata Koeman setelah pertandingan.

“Sungguh atmosfer yang berbeda dengan hadirnya penggemar, kami menikmatinya. Sepertinya ada lebih dari 20.000. Mereka membantu kami karena kami harus kuat di kandang."

"Ini adalah pertandingan yang fantastis dalam segala hal, baik para penggemar, permainan, dan kemenangannya."

Di Laga ini, Koeman juga memberikan kesempatan debut bagi Eric Garcia dan Memphis Depay yang tampil mengesankan.

"(Memphis) bermain bagus dan memberikan assist yang bagus," kata sang pelatih.

“(Garcia) bermain sangat baik, dia diposisikan dengan baik. Aman. Dia membuat keputusan yang bagus.

"Pertahanan kami bagus, tapi di akhir pertandingan kami kurang konsentrasi di beberapa momen."

Garcia dan Depay merupakan pemain yang baru bisa didaftarkan di menit-menit akhir dimulainya La Liga. Terima kasih pada sang kapten Gerard Pique yang rela gajinya dipotong agar kedua pemain baru tersebut bisa tampil di La Liga.

“Bagi saya Pique juga seorang pemimpin musim lalu,” kata Koeman.

"Musim ini dia lebih baik secara fisik. Sikapnya patut dicontoh, sama seperti veteran lainnya."

Pelatih yang sempat bermain di Camp Nou tahun 1989 hingga 1995 itu juga memuji performa Martin Braithwaite yang mengemas 2 gol dan 1 assist di laga melawan Real Sociedad.

“Saya pikir Braithwaite adalah contoh seorang profesional, dia selalu bekerja untuk tim dan telah meningkatkan permainannya,” kata pelatih asal Belanda itu.

"Dia banyak membantu kami dan dia cepat dan sulit dihentikan. Saya senang memiliki pemain seperti dia."

Koeman juga mengakui bahwa ia sangat senang jika Messi tetap tinggal dan bermain di Camp Nou. Namun, kepergian Leo menurutnya justru meningkatkan kolektivitas permainan Barcelona.

“Saya tidak tahu apakah kami lebih seperti tim tanpa Leo, mungkin permainan kami lebih kolektif tetapi saya masih lebih suka memiliki Messi di tim saya," pungkasnya.

Berita Lainnya