Roberto Mancini: Italia vs Inggris, Perang Antara Teknik dan Fisik

Roberto Mancini. (Twitter/Euro2020).
Sun, 11 Jul 2021

Roberto Mancini terbilang cukup santai jelang Final UEFA Euro 2020 dan berharap 'teknik Italia bisa menang melawan fisik Inggris'. “Kami ingin menikmati diri kami sendiri selama 90 menit lagi.”

Final dimulai di Stadion Wembley pada hari Minggu pukul 20.00 waktu Inggris.

“Saya tidak merasa gelisah. Saya mungkin merasa berbeda besok…” sang pelatih tersenyum dalam konferensi persnya.

“Kami bertujuan untuk menghibur, tentu saja, tetapi saya juga berharap kami bisa menjadi substansial. Itu tidak mudah, kami melakukannya dengan baik untuk sampai ke sini dan ada satu dorongan lagi sebelum kami semua bisa pergi berlibur.”

Azzurri berjuang melawan Spanyol di semifinal, hanya menang lewat adu penalti, dan untuk pertama kalinya di turnamen ini membiarkan lawan mendominasi penguasaan bola.

“Kami juga ingin memainkan gaya sepak bola kami melawan Spanyol, mereka melakukannya dengan baik untuk membatasi kami. Identitas kami membawa kami sejauh ini, kami tidak punya niat untuk berubah sekarang.

“Inggris secara fisik lebih kuat dari kami di semua lini, tidak hanya di lini tengah, tetapi sepak bola dimainkan dengan bola sampai ke kaki, jadi kami berharap teknik bisa menang.”

Mantan manajer Manchester City itu ditanya apakah Inggris dapat menganggap diri mereka sebagai negara sepak bola di level yang sama dengan Italia, mengingat ini adalah final pertama mereka dalam 55 tahun.

“Inggris selalu memiliki tim yang bagus, mereka tidak beruntung selama bertahun-tahun. Ini akan menjadi pertandingan sepak bola yang luar biasa di stadion yang penuh sesak dan itu luar biasa bagi siapa saja yang menyukai olahraga ini. Kami tahu kualitas mereka dan akan melihat apa yang terjadi. Anda tidak akan mencapai Final tanpa tim yang hebat.”

Ahli taktik digambarkan sebagai pahlawan Braveheart William Wallace di halaman depan sebuah surat kabar Skotlandia, berdiri melawan invasi Inggris.

"Itu lucu. Kami harus fokus hanya pada sepak bola kami sendiri dan mudah-mudahan mendengar fans kami merayakannya di akhir. Bagaimanapun, ini pada akhirnya hanya pertandingan sepak bola.

“Yang harus dilakukan Italia adalah tetap tenang. Sulit, karena berbagai alasan, tetapi kami harus berkonsentrasi pada sepak bola kami dan memahami bahwa itu adalah rintangan terakhir. Kami ingin menikmati diri kami sendiri selama 90 menit lagi.”

Mancini adalah salah satu talenta individu terbesar di sepak bola Italia, tetapi jarang tampil di jersey Azzurri.

“Ini adalah salah satu momen terpenting dalam karier saya. Saya bermain dengan Nazionale di banyak level, kami tidak memenangkan Kejuaraan U-21 Eropa atau Piala Dunia ketika kami pantas mendapatkannya. Kami mewakili Italia dan saya berharap besok mendapatkan kepuasan sebagai pelatih yang tidak dapat saya nikmati sebagai pemain, meskipun berada di beberapa tim Azzurri yang sangat kuat.”

Berita Lainnya