Siapkah JIS jadi Venue Piala Dunia U-17 Gantikan SUGBK?

Stadium JIS dipilih Jokowi untuk Piala Dunia U-17, Erick Thohir buka suara

Jakarta International Stadium atau JIS (INSTAGRAM/jakintstadium)
Tue, 27 Jun 2023

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023. Tampaknya terjadi sebuah bentrok jadwal dengan Konser Coldplay yang diadakan pada tanggal 15 November 2023 menggunakan venue di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Bentok jadwal ini sebenarnya sudah dilirik oleh Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia. Menurut Sang Presiden, masih banyak stadion lain yang bisa digunakan selain Gelora Bung Karno, salah satunya adalah Jakarta International Stadium (JIS).

“Stadion kita kan juga bukan hanya GBK, ada yang lainnya. Ada JIS kan? Ada Stadion Manahan, ada. Ada di Stadion Jalak Harupat, ada, Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” ujar Jokowi dilansir dari Bharata.co.id.

Jakarta International Stadium (INSTAGRAM/Jakinstadium)

 

Tanggapan Jokowi tersebut, menjelaskan bahwa Jokowi tampaknya memberikan solusi, Piala Dunia U-17 tidak menggunakan SUGBK yang sudah lebih dulu di-booking oleh promotor Coldplay. Stadion JIS mungkin saja akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

Dilansir dari CNN Indonesia, Erick Thorir menanggapi untuk kesiapan JIS yang harus ditinjau ulang. Erick mengatakan jika terdapat sejumlah catatan hasil peninjauan JIS saat persiapan Piala Dunia U-20 lalu.

“Stadion JIS juga pasti kita akan cek. Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada empat pintu, baru terbuka satu pintu.” 

Keselamatan penonton menjadi perhatian utama Erick dan tim PSSI agar penonton akan bisa datang dan pulang dari stadion secara aman dan nyaman. Selain itu, Erick akan mengecek kualitas kesiapan rumput di JIS.

Proses pemeliharaan rumput di Jakarta International Stadium (JIS) (INSTAGRAM/Jakinstadium)

 

“Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk beberapa stadion yang memang standardisasinya sudah bisa. Itu yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden. Tentu FIF akan menijau ulang. Jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standardisasi. Termasuk tadi Stadion JIS juga pasti akan kita cek,” ucap Erick.

Erick akan meninjau lebih lanjut JIS dalam waktu dekat ini, dengan mengajak Heru Budi Hartono selaku Gubernur DKI Jakarta dan Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR. Jika sudah selesai peninjauan, PSSI akan melaporkan kepada FIFA.

Di samping itu, Iwan Takwin selaku Dirut PT Jakarta Propertindo (Jakpro), menyatakan bahwa JIS sudah siap. “Kalau dari kami, JIS itu siap. Kapan pun dibutuhkan, kita dari jauh-jauh hari sudah siapkan selain akses itu. Fasilitas-fasilitas pendukung di dalam lapangan utamanya itu, sudah kita siapkan, untuk akses pemain menjaga pengamanannya, itu semua sudah kami siapkan.”

Kawula Muda, tanggapan menurut lo JIS cocok untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 atau enggak?

Berita Lainnya