Taufik Hidayat Pernah Diminta Mengalah di Asian Games 2006

Taufik Hidayat mengaku pernah diminta mengalah terhadap Lee Chong Wei pada Asian Games 2006.

Taufik Hidayat. (Situs BWF)
Thu, 26 Aug 2021

Pernyataan mengejutkan terkait penyogokan diungkapkan legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat, saat dirinya masih aktif menjadi atlet bulu tangkis profesional.

Taufik Hidayat menyatakan bahwa dirinya pernah ditawari sejumlah uang untuk mengalah dari Malaysia di sebuah laga 15 tahun silam.

Pada sebuah acara di saluran televisi nasional, pemenang medali emas Olimpiade Athena 2004 ini mengisahkan pengalamannya yang diminta salah satu ofisial Malaysia untuk mengalah pada laga melawan Lee Chong Wei di semifinal Asian Games Doha 2006.

"Saat semifinal saya bertemu Lee Chong Wei. Lalu ada kejadian salah satu ofisial dari Malaysia datang ke Perkampungan Atlet. Dia menawar saya untuk kalah," kata Taufik Hidayat.

Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengeluarkan reaksi tegas setelah mendengar pernyataan Taufik tersebut. Lee mengomentari bahwa tindakan itu tidak dibenarkan karena mencederai sportifitas.

Ia juga mengaku mengetahui siapa orang yang dimaksud sahabatnya itu. Namun, Lee enggan membeberkan ke publik dengan alasan tidak ingin mempermalukan orang lain atas kesalahan di masa lalu.

"Saya berjumpa banyak orang saat masih bermain. Saya ungkapkan agar tidak melakukan hal itu karena saya ingin melayani negara dengan baik," kata Lee seperti dilansir Kantor Berita Malaysia Bernama.

Lee menyebutkan, saat seorang atlet mau untuk menjual prestasinya demi uang di lapangan, sama saja dengan menjual kehormatan negara sendiri.

Menindaklanjuti kabar ini, Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia dikabarkan melakukan verifikasi untuk mencar kebenaran dari pernyataan Taufik Hidayat.

Semenara Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) juga didorong untuk turut melakukan investigasi terkait pernyataan kedua mantan pebulutangkis itu.

Berita Lainnya