Timnas Jepang Rapikan Ruang Ganti Piala Dunia 2022 dan Tinggalkan Origami

Keren dan sopan banget ya, Kawula Muda :)

Tim Nasional Jepang tinggalkan origami sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi (FIFA)
Fri, 25 Nov 2022


Berbagai sikap sopan suporter hingga Tim Nasional Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar mengundang perhatian dunia. Sebelumnya, tindakan suporter Jepang juga dipuji oleh para warganet karena merapikan sampah di sisi tribune usai pertandingan selesai. 

Pada Rabu (24/11/2022), Jepang mengalahkan Jerman di babak grup Piala Dunia dengan skor 2-1. Adapun kedua gol tersebut didapatkan oleh Ritsu Doan dan Takuma Asano di babak kedua. 

Usai kemenangan tersebut, Tim Nasional Jepang meninggalkan pesan tertulis hingga kerajinan tangan origami di ruang gantinya. Foto yang beredar juga menunjukkan ruang ganti Timnas Jepang yang sangat bersih.

Baju pertandingan telah dilipat rapi dan ditumpuk di depan meja. Demikian pula dengan plastik botol minum yang diletakan di samping tumpukan baju tersebut. Tidak ada sampah maupun pakaian bekas yang tergantung pada ruang ganti tersebut. 

"Setelah kemenangan bersejarah melawan Jerman di Piala Dunia FIFA pada hari keempat pertandingan, fans Jepang membersihkan sampah mereka di stadion. Sementara itu, @jfa_samuraiblue meninggalkan ruang ganti mereka di Stadion Internasional Khalifa seperti ini. Sangat bersih," tulis FIFA.com dalam akun Twitter resminya.

Uniknya, pasukan “Samurai Biru” tersebut juga meninggalkan pesan kepada FIFA maupun seluruh penyelenggara Piala Dunia 2022. Ditulis dalam bahasa Arab dan Jepang, terdapat pesan bertuliskan ‘terima kasih’.

Selain itu, ada pula 11 origami crane (tsuru) di samping pesan tersebut. Dalam budaya Jepang, bentuk origami lipat tersebut menunjukkan simbol kehormatan, panjang umur, serta apresiasi. 

Tim Nasional Jepang tinggalkan origami hingga pesan terima kasih usai laga pertandingan melawan Jerman pada Rabu (23/11/2022) (FIFA)

  

Berbicara tentang pertandingan, manajer Timnas Jepang, Hajime Moriyasu, menggambarkan kemenangan melawan Jerman tersebut sebagai ‘momen bersejarah’. 

"Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan yang bersejarah, setidaknya. Jika saya berpikir tentang perkembangan sepak bola Jepang, kami telah berhasil membangunnya dan mewujudkannya,” tutur Hajime mengutip Bola Dunia. 

Hajime pun turut memuji ketahanan mental para pemainnya. Sebelumnya, Jerman memang sempat unggul atas Jepang 0-1 pada babak pertama. Lewat tendangan penalti, Gundogan mengecoh kiper Jepang dan berhasil menembak gol. 

“Sejak awal kami memutuskan untuk agresif, namun agresi Jerman lebih tinggi. Dan, ini tidak mengherankan bagi kami. Mereka memiliki penjaga gawang yang luar biasa, Mister Neuer. Namun pasukan kami sangat cerdas, mereka cerdas dan bermain dengan baik dengan gigih. Mereka berjuang sangat keras,” puji manajer Timnas negeri samurai tersebut. 

Berita Lainnya