Inilah 5 Fitur Unggulan BlackBerry di Zamannya yang Bikin Nostalgia!

Dulu fitur apa nih yang jadi andalan kamu, Kawula Muda?

Fitur BlackBerry Bold Touch. (MacRumors)
Thu, 06 Jan 2022

Siapa yang tidak mengenal handphone yang terkenal pada zamannya ini? Ya, BlackBerry yang sempat menjadi ponsel andalan pada 2010 hingga 2015-an resmi menonaktifkan sistem operasinya, termasuk BlackBerry 10, BlackBerry 7.1, atau yang lebih tua lagi.

Berikut adalah beberapa hal ikonik dari ponsel dengan OS buatan Research in Motion tersebut.

BBM

Ilurstrasi BlacBerry Messenger. (MacRumors)

 

Pada eranya, BBM (BlackBerry Messenger) adalah jejaring pengiriman pesan yang sangat populer. Para penggunanya perlu bertukar PIN agar bisa masuk ke dalam daftar kontak. Karena kepopulerannya membuat banyak orang sengaja membeli dan memakai ponsel BlackBerry hanya untuk memakai BBM.

PING!!!

BBM tentu tak lengkap tanpa fitur PING ini. Ikoniknya, fitur ini dipakai untuk 'memanggil' teman lewat BBM. Tentu saja, fitur ini sering disalahgunakan dengan mengirim PING berulang-ulang sampai ponsel penerimanya sengaja dibuat bergetar tidak karuan.

Keyboard fisik

Trackball dan keyboard fisik hp BlackBerry. (MacRumors)

 

Keyboard fisik mungkin adalah peninggalan BlackBerry yang sangat ikonis. Dipopulerkan oleh BlackBerry dan kemudian ikut 'mati' bersama BlackBerry karena sangat sedikit pabrikan ponsel lain yang membenamkan keyboard fisik di perangkat buatannya.

Trackball

Salah satu fitur BlackBerry yang benar-benar jadul adalah trackball. Sebelum memakai trackpad, trackball adalah sarana navigasi di ponsel BlackBerry. Hanya saja, fitur ini menyimpan masalah besar yaitu mudah kotor.

Twitter for BlackBerry

Dulu, mungkin ada gengsi tersendiri bagi pengguna Facebook dan Twitter yang memakai BlackBerry untuk mengunggah konten ke media sosial tersebut. Pasalnya, unggahan yang berasal aplikasi Facebook dan Twitter di BlackBerry akan diberi label spesial dalam yaitu Twitter for BlackBerry dan Facebook for BlackBerry.

Berita Lainnya