Keistimewaan Mobil Presiden Amerika Serikat "The Beast"

Gak kebayang gimana canggihnya mobil ini

Joe Biden menggunakan The Beast ketika menghadiri KTT G20 di Bali, Terlihat Bendera Indonesia Disematkan di Mobil, Menandai Kerja Sama Antar Kedua Negara (Getty Images)
Sat, 19 Nov 2022


Banyak hal yang menarik perhatian Warganet terkait Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Kawula Muda. Salah satunya adalah kendaraan yang digunakan para pejabat dari masing-masing negara.

Mobil kepresidenan misalnya, digunakan khusus untuk menjadi transportasi orang nomor satu di setiap negara, membuat setiap mobil kepresidenan sangat spesial, loh.

Tidak jarang mobil kepresidenan memiliki desain khusus dan sistem keamanan yang disesuaikan, seperti contohnya mobil yang digunakan oleh Joe Biden, presiden Amerika Serikat ketika menghadiri KTT G20

Sebenarnya, apa keistimewaan mobil The Beast Joe Biden yang rela dibawa jauh-jauh dari Amerika ke G20 di Bali?

Apa Itu The Beast?

Ilustrasi The Beast bersama pesawat kepresidenan Amerika Serikat (IDN)

 

Pada dasarnya, The Beast adalah mobil limosin Cadillac yang dirancang khusus. Cadillac sendiri merupakan sebuah perusahaan mobil Amerika Serikat, Kawula Muda. Singkatnya, The Beast adalah Cadillac yang dirancang khusus dan dikenal sebagai Cadillac One.

The Beast sendiri merupakan julukan yang diberikan oleh Secret Service. Melansir Kompas, Secret Service adalah sebuah badan di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) yang bertugas melindungi para pemimpin AS. Badan ini juga melindungi keluarga pemimpin, serta kepala negara yang berkunjung ke AS. 

Diketahui, melansir Mirror UK nama kode Secret Service resmi mobil tersebut adalah “Stagecoach”, loh Kawula Muda.

Diketahui, presiden Amerika Serikat selalu membawa The Beast dalam setiap kunjungan. Meskipun di KTT G20, beberapa pejabat lainnya dibawa dengan kendaraan khusus dari lokasi yang dirahasiakan dan harus meninggalkan mobil mereka karena prosedur keamanan ketat dan pembatasan jalan, namun hal ini merupakan pengecualian untuk Joe Biden dan beberapa pejabat lainnya.

Melansir laman Financial Express, The Beast akan diangkut oleh Secret Service menggunakan pesawat kargo khusus dengan nama C-17 Globemaster.

Terdapat tujuh kursi di dalam The Beast. Dua kursi di depan untuk agen Secret Service dan pengemudi, serta empat kursi di belakang untuk presiden AS.

The Beast Diklaim Sebagai Salah Satu Kendaraan Teraman di Dunia

Melansir The Sun, The Beast adalah supercar berlapis baja seharga Rp 21,9 miliar. Mobil dengan berat delapan ton ini juga diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia. Kendaraan ini bak mobil di film aksi James Bond.

Julukan sebagai mobil teraman di dunia juga bukan sembarang julukan loh, Kawula Muda. Pasalnya, The Beast memiliki banyak kelebihan yang tidak main-main.

Faktanya, hanya jendela di sebelah pengemudi yang dapat dibuka, yaitu tempat di mana agen Secret Service duduk. Bagian jendela mobil terbuat dari polycarbonate, bahan kaca anti peluru setebal lima inci yang juga tahan asap sehingga tidak dapat dimasuki oleh asap atau hal yang tidak diinginkan, Kawula Muda.

Mobil ini juga memiliki pelat baja standar militer setebal delapan inci, yang berarti mobil tersebut berbobot 10 ton dan dilaporkan dapat menahan serangan kimia, Kawula Muda. Pelapisan baja delapan inci juga membuat pintu The Beast memiliki berat yang sama dengan yang ada pada pesawat Boeing 757, jendela yang dilapisi setebal lima inci, dan undercarriage tahan ledakan juga membuat The Beast hampir tidak bisa ditembus, meski dengan peluru atau bom sekali pun.

Tempat bahan bakar The Beast juga dilaporkan dilapisi oleh lapisan khusus yang mencegahnya dari kebakaran dan menggunakan bahan bakar khusus yang tidak mudah terbakar ketika mengalami baku tembak. Faktanya, gagang pintu The Beast juga dapat disetel untuk dialiri arus listrik, hal ini digunakan untuk mencegah masuknya pihak-pihak yang tidak diinginkan.

Tidak cukup sampai di situ, ban run-flat Kevlar juga akan memastikan mobil tetap melaju meski salah satu bannya bocor atau tidak berfungsi dan dapat berjalan di atas pelek baja.

Apa Saja yang Ada di Dalam The Beast?

Joe Biden menggunakan The Beast dalam upacara pemakaman Ratu Elizabeth II meski pejabat negara lainnya menggunakan bus kerajaan (Hindustan Times)

 

Tidak hanya memiliki aspek yang luar biasa, sisi dalam The Beast juga salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan, Kawula Muda.

The Beast sendiri hanya mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 15 detik sehingga dapat dikatakan tidak memiliki kemampuan akselerasi yang cukup baik. Namun, hal ini dapat dikatakan sebanding, mengingat mobil ini menawarkan keamanan yang utama untuk presiden AS.

Di dalam The Beast, terdapat pelindung khusus ketika mobil mendeteksi adanya serangan gas air mata. Hal ini juga didukung dengan kamera khusus yang memungkinkan mobil dapat terus berjalan meski dengan pencahayaan yang minim ketika kondisi khusus dan mendesak di malam hari. 

The Beast juga berisikan beberapa senjata yang disiapkan untuk kemungkinan terburuk. Senjata tidak hanya tersedia di kursi pengemudi. Namun juga di bagasi, Kawula Muda. Ditambah lagi, pada bagian depan terdapat beberapa senjata tersembunyi yang dapat menembak penyerang dengan peluru atau gas air mata.

Tidak hanya itu, kantong darah Joe Biden juga selalu tersedia di dalam The Beast. Hal ini dilaporkan untuk memudahkan transfusi jika Joe Biden membutuhkannya. The Beast juga dilengkapi cadangan oksigen ketika ada serangan kimia yang membahayakan.

Arti Plat Nomor The Beast dan Fakta Lainnya

Pada KTT G20, The Beast menggunakan pelat 800-002. Kawula Muda, ada yang tahu arti dari 800-002? Beberapa sumber mengatakan, mobil Presiden AS diberi angka khusus 800-002 yang jika kedua dikalikan hasilnya adalah 1600.

Angka 1600 sendiri diyakini mengacu pada alamat Gedung Putih di Washington DC, yaitu nomor 1600 Pennsylvania Avenue, N.W. Washington, DC. Wow!

Seolah tidak cukup membuat kagum, The Beast rupanya masih memiliki banyak fakta lainnya, Kawula Muda. Mobil ini dikabarkan dapat mengeluarkan cairan yang licin sehingga pihak mencurigakan yang menguntit akan kehilangan kontrol.

Pada bagian belakang, di antara kursi tempat Joe Biden duduk, terdapat sebuah alat komunikasi satelit yang secara khusus hanya dapat menghubungi Wakil Presiden Amerika, markas pusat Pentagon, dan divisi khusus nuklir Amerika.

The Beast juga memiliki GPS tracking khusus untuk pengemudi, loh. Faktanya, pengemudi yang bertugas menjalankan The Beast juga tak sembarangan. Tidak hanya harus diutus oleh Secret Service, pengemudi utama haruslah operator transportasi dengan spesialisasi pekerjaan militer yang harus menyelesaikan 540 jam pelatihan pengenalan kota.

The Beast dilatih untuk melakukan sejumlah manuver, termasuk melarikan diri dan melakukan putaran J 180 derajat.

Pengemudi The Beast juga harus mampu menerapkan prosedur keamanan lain, seperti membantu mengeluarkan presiden dari posisi yang berbahaya, meski mendapat bantuan dari dinas keamanan. Pengemudi juga harus mampu menyertai iring-iringan, memastikan kondisi mobil prima, perubahan rute secara mendadak akibat kondisi membahayakan.

Setelah mobil kepresidenan mencapai akhir masa pakainya, agen Secret Service akan menghancurkan mobil tersebut untuk menjaga rahasia pembuatan dan pelindungnya, loh.

Ramai Diperbincangkan, Ini Perbedaan The Beast dengan Mobil Kepresidenan Lain di KTT G20

Mobil Kepresidenan RRC, Hongqi N701 (Momobil)

Selain The Beast yang menyita perhatian, rupanya presiden RRC, Xi Jinping, juga turut serta membawa mobil dinas kepresidenannya pada gelaran KTT G20, nih.

Mobil yang dijuluki Hongqi N701 ini berhasil menyita perhatian masyarakat yang membuat Hongqi N701 turut dibandingkan dengan The Beast, Kawula Muda.

Hongqi N701 merupakan mobil bermerek Hongqi, salah satu merek mobil mewah di Cina. Mobil ini diprediksi juga menggunakan body lapis baja dan kaca anti peluru. Mobil ini memakai grill kolosal berukuran besar di bagian depan dengan aksentuasi krom serta kap mesin panjang yang mengingatkan pada Rolls Royce

Limosin ini rupanya diselimuti oleh kerahasiaan yang membuat banyak media dan masyarakat tidak terlalu mengetahui terkait Hongqi N701, Kawula Muda.

Namun, mobil Hongqi diduga membawa mesin V8 atau V12 yang dapat melepas tenaga 350 hp dan 650 Nm yang dapat menjadi sebuah ‘monster’. Sedangkan untuk tahun pemakaian sendiri, diketahui Hongqi N701 milik RRC ini baru saja melaksanakan debutnya, yaitu pada tanggal 1 Juli 2022 kemarin.

Sedangkan untuk The Beast, mobil ini sudah dipakai sejak kepemimpinan Trump, alias mulai tahun 2018.

Pemerintah China terlihat mengirim dua unit N701 ke Indonesia. Keduanya terlihat saat iring-iringan meninggalkan bandara.

Kawula Muda, mobil para petinggi negara ini keren-keren banget ya!

Berita Lainnya