Penyebab Facebook Down Menurut Orang Dalam hingga Ahli

Menurut kamu apa penyebabnya, Kawula Muda?

Ilustrasi Facebook. (PEXELS)
Thu, 07 Oct 2021

Pada hari Senin, 4 Oktober 2021, Facebook, Instagram dan Whatsapp mengalami gangguan atau down (tidak dapat diakses) besar-besaran hingga enam jam. Terkait hal itu, Facebook dan sejumlah ahli menjelaskan alasan terjadinya gangguan tersebut. 

Menurut laporan dari The Verge yang merujuk kepada Chief Technology Officer dan Wakil Presiden Infrastruktur Facebook, masalah mungkin berasal dari infrastruktur internal Facebook. 

Insinyur Facebook dikirim ke salah satu pusat data perusahaan yang berlokasi di California untuk mengatasi masalah tersebut, yang menyiratkan bahwa mereka tidak dapat masuk dari jarak jauh ke pusat data. 

Facebook juga mengungkap di situs resminya bahwa gangguan tersebut terjadi akibat perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data. 

"Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini," ucap Vice President Infrastructure Facebook Inc., Santosh Janardhan, seperti dikutip dari laman Facebook, Selasa (5/10/2021). 

"Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami," imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa penyebab utama pemadaman ini juga memengaruhi banyak alat dan sistem internal yang digunakan oleh tim Facebook dalam operasi sehari-hari serta mempersulit upaya perusahaan untuk dapat mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat. 

Santosh juga menegaskan kalau pihaknya yakin akar penyebab dari pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Menurutnya, pihaknya tidak memiliki bukti data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari penghentian ini. 

Sementara itu menurut para ahli, gangguan hanya bisa datang dari dalam perusahaan. Kemunginan insinyur Facebook secara tidak sengaja mengubah jaringan yang telah diatur, hal itu kemudian menyebabkan serangkaian masalah yang berjenjang. 

Facebook memang sangat rahasia dalam pengoperasian jaringannya, jadi tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan konfigurasi jaringan. 

Dosen Senior dalam Etika Terapan & Keamanan Siber Universitas Griffith, David Tuffley, memperkirakan gangguan tersebut terjadi akibat masalah DNS atau Domain Name Server. 

"DNS adalah singkatan dari Domain Name Server dan digambarkan sebagai "buku telepon internet". Ini menerjemahkan nama domain yang kami baca menjadi alamat internet yang dikodekan (alamat IP) untuk dibaca oleh komputer," jelas Tuffley seperti dikutip dari The Conversation, Selasa (5/10/2021).

Menurut Tuffley, apabila semuanya berfungsi sebagaimana mestinya, pengguna akan terhubung ke domain yang diminta. Berdasarkan kekuatan bukti yang diperoleh dari sumber ahli yang dekat dengan Facebook, pemadaman tersebut tampaknya tidak mungkin disebakan oleh serangan eksternal. 

Direktur analisis internet di perusahaan pemantauan jaringan Kentik, Doug Madory, mengatakan kalau penyebab Whatsapp, Facebook, dan Instagram down kemungkinan adalah hilangnya konektivitas internet ketika sedang memperbarui konfigurasi jaringan mereka. 

Sebelumnya, pada Juni lalu, masalah serupa juga sempat terjadi di Fastly, sebuah perusahaan komputasi awan AS. Mereka mengalami pemadaman internet selama 50 menit, sehingga tidak bisa diakses di seluruh dunia. 

"Saya tidak tahu jika saya pernah melihat pemadaman seperti ini sebelumnya dari sebuah perusahaan internet besar," katanya, mengutip dari CNNIndonesia. 

Ia mengatakan gangguan yang terjadi pada perusahaan sebesar Facebook, apalagi berlangsung lebih dari tiga jam, menunjukkan tidak ada perbaikan cepat yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya