Samsung Galaxy S21 FE, iPhone 13, dan Google Pixel 6 Akan Rilis Bulan September, Pilih Mana?

Kawula Muda, mana nih smartphone yang lo incer?

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. (Dok. JON PROSSER)
Thu, 02 Sep 2021

Kawula Muda, smartphone flagship dari tiga brand ponsel ternama akan dirilis sepanjang bulan September, nih! Siapa lagi kalau bukan Samsung Galaxy S21 FE, iPhone 13, dan Google Pixel 6.

Melansir KompasTekno, S21 FE diketahui akan tersedia di pasaran mulai 8 September 2021 mendatang. Informasi ini dibeberkan oleh akun Twitter bernama @MauriQHD, yang diketahui mendapat bocoran dari "orang dalam" Samsung.

Sementara itu, akun Weibo @PandaIsBald juga memberitahu bawa seri iPhone 13 akan dikenalkan pada 14 September mendatang. Sementara itu, kamu sudah bisa memesan HP tersebut mulai 17 September, dan akan dijual secara perdana pada 24 September mendatang.

Artinya, Google Pixel 6 akan rilis tepat satu hari setelah iPhone 13 diperkenalkan ke publik. Begitulah informasi yang juga dibocorkan oleh @PandaIsBald.

Hadirnya ketiga smartphone dengan jarak yang berdekatan tentunya membuat sebagian orang kerap membandingkan manakah ponsel yang paling baik. Untuk itu, saya telah merangkum secara singkat spesifikasi dari ketiga ponsel pintar itu.

1. Samsung Galaxy S21 FE

Bocor di sebuah listing Google Play Store Console, spesifikasi, S21 FE dirumorkan akan memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 888 (SM8350). Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Galaxy S21 FE ini akan menggunakan chip buatan Samsung, yaitu Exynos 2100.

Ponsel pintar ini juga akan menyediakan RAM sebesar 6GB/8GB serta memori internal sebesar 128GB/256GB.

2. iPhone 13

Tersedia empat model, seri iPhone 13 diketahui akan terdiri dari iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. System-on-chip A15 Bionic juga disebut-sebut akan menjadi pendukung keempat model itu untuk melakukan performanya. 

Tak mau kalah dengan pendahulunya, kini iPhone 13 juga menyediakan memori penyimpanan hingga 1TB, RAM 8GB, serta kapasitas baterainya mencapai 4.352 mAh.

3. Google Pixel 6

Google kali ini akan merilis dua model dari Google Pixel 6 yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Masih melansir akun Weibo @PandaIsBald, ia menyebut bahwa Pixel 6 diperkirakan akan memiliki layar seluas 6,4 inci QHD Plus dengan refresh rate hingga 90 Hz. Sementara itu, Pixel 6 Pro disebut-sebut memiliki layar yang lebih mantap, yaitu 6,7 inci QHD Plus dengan refresh rate 120 Hz.

Pun keduanya dibedakan dengan kamera belakang yang digunakan. Pixel 6 akan dibekali Dual Camera, sementara Pixel 6 Pro akan dibekali Triple Camera. Pada Pixel 6 Pro, Google menyediakan kamera utama (wide), kamera ultra-wide, serta kamera telefoto 4x.

Penggunaan prosesor juga masih dalam bayang-bayang rumor. Ada yang mengatakan bahwa Google Pixel 6 dibekali prosesor Tensor, chip buatan Google. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kedua seri itu akan menggunakan Exynos 9855 milik Samsung.

Dari ketiga ponsel di atas, mana yang paling mumpuni menurut kamu, Kawula Muda?

Berita Lainnya