Windows 11 Hadir dengan Antarmuka Baru 24 Juni Mendatang

Kawula Muda, bentar lagi udah ada Windows 11 nih

Tangkapan layar Windows 11. (TWITTER/TOMWARREN)
Thu, 17 Jun 2021

Microsoft diketahui akan mengeluarkan sistem operasi Windows 11 dengan antarmuka yang baru.

Tangkapan layar Windows 11 diketahui pertama kali dibocorkan dalam forum Baidu. Kemudian, seorang jurnalis dari The Verge, Tom Warren ikut membeberkan fitur dan tampilan yang ada pada Windows 11.

Melalui akun Twitternya, @tomwarren, Warren mengunggah tampilan Windows 11 yang terlihat sangat mirip dengan Windows 10X, yang pada saat itu Windows 10X dibuat untuk menyederhanakan tampilan perangkat dua layar.

Windows 10X juga diketahui tidak jadi dikembangkan lantaran fokus Microsoft tertuju pada Windows 11.

Pada tampilan layar Windows 11, terlihat ikon Start dan beberapa aplikasi yang terletak di tengah task bar, seperti pada sistem operasi yang digunakan Apple.

Namun, kamu bisa memindahkan semua ikon pada sisi kiri task bar seperti sistem operasi Windows pada umumnya.

Menu Start ini sendiri terlihat sebagai bentuk sederhana dari Windows 10 yang ada tanpa live tiles.

Selain itu, Windows 11 juga menyediakan Dark Mode dan virtual assistant Microsoft, Cortana. Lucunya, Warren mencoba bertanya kepada Cortana apakah Windows 11 itu benar adanya. Cortana pun menjawab bahwa Windows 11 tidak ada.

Windows 11 juga diklaim memiliki tampilan dan suara yang berbeda saat proses menyala.

Ikon baru berjudul Widget juga ikut ditambahkan dalam menu task bar Windows 11. Rumor mengatakan bahwa Microsoft membawa Windows Widget kembali untuk akses berita, cuaca, dan situs lainnya secara cepat.

Tak berhenti sampai situ, Microsoft juga diketahui sedang merombak app store yang ada di Windows dalam beberapa bulan belakangan ini.

CEO Microsoft, Satya Nadella, berjanji untuk membuka kesempatan yang lebih besar untuk pengembang dan juga kreator.

Dalam kesempatan ini, Microsoft akan mempertimbangkan aplikasi-aplikasi lain agar tidak terkena potongan biaya yang sebelumnya diberlakukan oleh Microsoft untuk in-app purchase.

Berita bagus untuk pengguna Xbox karena Microsoft telah menyediakan aplikasi terbaru Xbox yang bisa terintegrasi langsung dengan Windows 11. Aplikasi ini menawarkan akses cepat ke Xbox Game Pass, fitur Sosial pada Xbox, hingga toko Xbox itu sendiri.

Gimana menurut kamu, Kawula Muda, tampilan baru Windows 11?

Berita Lainnya