Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 01 2022

    10 Artis Korea Paling Berpengaruh di YouTube dengan Penghasilan Fantastis Versi Forbes, Bagian 2

    Kawula Muda, kira-kira BTS dan BLACKPINK masuk peringkat keberapa ya?

    BLACKPINK dan BTS, dua mega bintang K-Pop saat ini. (FACEBOOK)


    Forbes Korea kembali merilis daftar tahunan mereka yang berisikan deretan artis Korea paling berpengaruh di YouTube. Berdasarkan perkiraan pendapatannya selama satu tahun, para artis ini memiliki pengaruh yang besar melalui kanal YouTube mereka, baik milik agensi maupun pribadi.

    Di urutan ke-10 ada penulis webtoon beken asal Korea bernama Lee Mal Nyeon. Di kanal YouTube-nya, Lee Mal Nyeon telah memiliki 1,78 juta subscribers. Penghasilannya selama satu tahun mencapai Rp 19,8 miliar. Di urutan ke-9 hingga ke-6 ada nama Lim Young Woong, (G)I-DLE, ITZY, dan juga aespa.

    Berikut adalah peringkat ke-5 hingga ke-1, artis Korea paling berpengaruh di YouTube dengan jumlah penghasilan fantastis versi Forbes Korea seperti yang dikutip dari Koreaboo.

    5. Sunmi – 2,48 juta dolar AS (Rp 36,8 miliar)

    Kanal YouTube milik Sunmi menawarkan konten yang mencerminkan kepribadiannya yang bersemangat. Spontanitas dan humornya membuat sejumlah konten YouTube-nya menjadi sangat menarik. Kanal YouTube Sunmi memiliki 1,46 juta subscribers. Kebanyakan kontennya berisi promosi untuk konsernya, album, endorsements, pemotretan majalah, dan sejumlah update konten lainnya untuk para penggemar.

    4. SEVENTEEN – 2,53 juta dolar AS (Rp 37,5 miliar)

    Video SEVENTEEN selalu konsisten dengan traffic yang tinggi. Sejumlah konten di kanal YouTube-nya seperti GOING SEVENTEEN, INSIDE SEVENTEEN, dan SSSS CAM, menjadi beberapa konten dengan jumlah views terbanyak di sepanjang 2022. Saat ini SEVENTEEN tengah disibukkan dengan perilisan repackage dari album studio keempat mereka “Sector 17” dengan main title track berjudul _World. Kanal YouTube SEVENTEEN hingga saat ini memiliki 8,36 juta subscribers.

    3. PSY – 3,56 juta dolar AS (Rp 52,8 miliar) 

    Kanal YouTube PSY, officialpsy, telah dibuat sejak 2010. Selama 12 tahun kanal YouTube ini hanya memiliki 118 video. Namun, traffic kontennya selalu tinggi. Comeback PSY dengan single That That telah membantunya menjadi YouTuber paling berpengaruh ketiga, dengan 17,4 juta subscribers.

    2. BLACKPINK – 8,11 juta dolar AS (Rp 120,4 miliar)

    Kanal YouTube BLACKPINK secara konsisten menjadi salah satu saluran yang paling berpengaruh. Dengan 427 video yang diunggah sejak 2016, bisa dilihat bahwa hanya sedikit video mereka yang memiliki views di bawah satu juta. Sebagian besar konten video mereka mendapatkan delapan atau Sembilan digit views. Subscribers kanal YouTube BLACKPINK bahkan enggak main-main. Jumlahnya mencapai 79,4 juta subscribers. Lagu terbaru mereka yang berjudul Pink Venom kini telah mendapatkan 223 juta views hanya 11 hari sejak dirilis beberapa waktu lalu.

    1. BTS – 10,1 juta dolar AS (Rp 150 miliar)

    Di peringkat pertama dalam daftar artis Korea paling berpengaruh di YouTube menurut Forbes Korea adalah BTS. Kanal YouTube BTS, BANGTANTV, telah berkembang pesat sejak 2012. Saat itu, kebanyakan video mereka masih terlihat sederhana. Sepuluh tahun kemudian, dengan ketenarannya yang semakin melesat, kanal YouTube BTS telah memiliki 1.799 video dengan 70,4 juta subscribers.

    BANGTANTV masih lebih unggul dari kanal YouTube lain dari segi pendapatan. Kanal ini secara konsisten menyediakan konten yang menarik untuk para penggemarnya, mulai dari behind the scenes, update aktivitas grup, sampai sejumlah video berisi aktivitas solo dari masing-masing member.

    Yang menarik dari daftar ini bahwa pendapatan BLACKPINK dan BTS ternyata lebih dari dua kali lipat pendapatan tahunan Forbes Korea Power YouTuber 100 yang tercatat hanya mendapatkan 3,82 juta dolar AS.


    Editor Team

    COMMENT