Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 12 2021

    200 Ribu Warga Korea Tanda Tangani Petisi Hentikan Drama “Snowdrop”, Pemerintah Harus Bertindak!

    Kawula Muda, drama terbaru Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK tersebut terancam gagal tayang.

    Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK beradu akting dalam drama "Snowdrop". (TWITTER)

    Petisi untuk menghentikan drama terbaru Snowdrop ternyata tidak berhenti dan terus bergulir panas. Pada Minggu (11/04/2021), petisi yang digelar melalui website Kepresidenan Korea Selatan, Blue House, tersebut telah ditandatangani oleh lebih dari 200 ribu warga Korea Selatan.

    Berdasarkan aturan yang tercantum dalam website Blue House, jika sudah mencapai lebih dari 200.000 tanda tangan, maka petisi tersebut akan diproses oleh Pemerintah Korea Selatan.

    Sebelumnya, petisi yang dibuat pada 26 Maret 2021 tersebut digelar karena banyak warganet Korea yang merasa ada distorsi sejarah dalam alur cerita drama yang dibintangi oleh Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK tersebut.

    Karakter utama pria dalam drama Snowdrop diceritakan sebagai seorang mahasiswa yang ternyata adalah mata-mata. Menurut warganet berdasarkan sinopsis yang pernah beredar di dunia maya, nama pemeran wanita dalam drama tersebut juga sama dengan nama aktivis di dunia nyata.

    “Meski berkali-kali membuktikan bahwa tidak ada keterlibatan Korea Utara dalam gerakan demokratisasi, drama ini telah menjadikan mata-mata sebagai tokoh utamanya. Selain itu, tokoh-tokoh lain yang mengatasnamakan pemerintah, disiksa, dan dibunuh sambil berusaha mengubah imej Kementerian Keselamatan dan Perencanaan Nasional (NIS),” ujar warganet.

    SNOWDROPPara pemeran drama "Snowdrop". (TWITTER/SOOMPI)

     

    “Sepertinya mereka mengabaikannya dengan mengatakan bahwa itu hanya setting untuk drama, tapi setting itu sendiri menghina para korban saat ini dan secara langsung menunjukkan tekanan politik dalam drama tersebut,” kata warganet menambahkan dalam petisi yang diajukan.

    Menanggapi petisi tersebut, pihak JTBC sempat memberikan klarifikasi bahwa alur cerita Snowdrop tidak mengambil latar belakang di masa gerakan demokrasi, melainkan pada saat pemilihan presiden pada 1987.

    Sementara itu, untuk permasalahan nama karakter Jisoo BLACKPINK yang memiliki kemiripan dengan Cheon Yeong Cho, akhirnya diubah oleh pihak JTBC.

    Walaupun petisi yang ditujukan ke Blue House telah mencapai 200.000, pihak JTBC tetap memasukkan drama Snowdrop ke dalam line-up drama 2021. Hal tersebut terlihat dari video yang dirilis oleh pihak JTBC untuk merayakan anniversary ke-10.

    Video tersebut berisi rangkuman drama hit selama 10 tahun, mulai dari Strong Woman Do Bong Soon, The World of the Married, Be Melodramatic, SKY Castle, serta Itaewon Class.

    Selain berisi rangkuman drama lawas, JTBC juga memperlihatkan line-up drama yang akan tayang di tahun ini mulai dari Law School, Undercover, I Know But, Human Disqualification, Gongjak City, Someone Like You, serta Snowdrop.

    Editor Team

    COMMENT