Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 11 2022

    5 Artis Indonesia yang Akui Mengidap Gangguan Mental

    Kawula Muda, ada selebritas yang mengaku hampir lakukan bunuh diri karena penyakit mentalnya.

    Deretan selebritas Indonesia yang mengaku mengidap penyakit mental. (INSTAGRAM)

    Sejumlah selebritas Indonesia termasuk selebgram secara terbuka mengakui bahwa mereka adalah pengidap gangguan mental. Semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap penyakit mental, membuat para pesohor Tanah Air ini akhirnya mau mengakui penyakit yang mereka derita.

    Mengutip dari sejumlah sumber, berikut adalah 5 artis Indonesia yang mengakui bahwa mereka mengalami gangguan mental.

    Marshanda

    Marshanda menjadi salah satu selebritas Indonesia yang berani mengungkap secara terang-terangan bahwa dirinya mengidap penyakit mental. Marshanda mengaku bahwa ia didiagnosis mengidap bipolar tipe II sejak 2009. Selain mengonsumsi sejumlah obat-obatan, mantan istri Ben Kasyafani itu juga menjalani terapi untuk mengurangi dampak dari penyakit yang ia derita.

    Awkarin

    AWKARINSelebgram Karin Novilda alias Awkarin. (INSTAGRAM/KARIN NOVILDA)

     

    Selebgram yang memiliki nama asli Karin Novilda ini juga sempat mengakui secara terbuka bahwa dirinya mengidap bipolar. Awkarin bahkan mengungkap karena penyakitnya itu ia sempat ingin melakukan bunuh diri pada 2018 lalu. Akibat gangguan bipolar, Awkarin juga mengaku ia menjadi sulit tidur dan pikirannya terus bekerja. Awkarin mengatakan ia sempat melakukan konsultasi ke psikolog di RS Abdi Waluyo, Jakarta.

    Aliando Syarief

    Aktor yang namanya pernah melambung di sinetron Ganteng-Ganteng Serigala, Aliando Syarief, pada 27 Januari lalu sempat memberikan pengakuan mengejutkan tentang penyakit yang ia derita. Melalui siaran langsung di Instagram, Aliando mengaku bahwa ia didiagnosis penyakit gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Karena penyakit yang ia derita ini, Aliando sempat menghilang dari layar kaca.

    Dalam pengakuannya, Aliando mengatakan bahwa ia telah menderita penyakit itu sejak kelas 2 SD. Setelah sempat mereda, penyakitnya kembali menyerang pada 2019. Karena penyakitnya itu, Aliando mengakui ia merasa kesulitan untuk bisa fokus pada pekerjaannya. Bahkan Aliando menambahkan ia sempat berpikir ingin bunuh diri karena mengalami depresi parah. Saat ini, Ali masih berjuang untuk bisa menyembuhkan penyakitnya itu dengan melakukan sejumlah terapi.

    Rachel Vennya

    RACHEL VENNYASelebgram Indonesia, Rachel Vennya. (INSTAGRAM/RACHEL VENNYA)

     

    Pada April 2020, melalui sebuah video yang diunggah ke akun YouTube-nya, Rachel Vennya mengaku bahwa ia didiagnosis dengan gangguan mental bipolar. Selebgram itu mengaku, ia benar-benar harus berjuang keras untuk menghadapi penyakit mental itu. Mantan istri Niko Al Hakim alias Okin itu mengatakan ia sempat menutupi penyakit mental yang dideritanya selama beberapa tahun karena takut akan pendapat masyarakat tentang bipolar disorder.

    Ibu dua anak ini juga menambahkan bahwa sejak kecil ia sering mengalami perubahan emosi. Ia tiba-tiba saja bisa pergi keluar rumah tanpa tujuan, menangis, atau menyakiti diri sendiri. Rachel mengaku ia sering membenturkan kepalanya ke tembok hingga mencoba bunuh diri akibat dari penyakit yang diderita.

    Medina Zein

    Selebgram yang kini tengah menghadapi sejumlah kasus hukum, Medina Zein, juga mengakui bahwa dirinya mengidap penyakit gangguan mental. Medina mengaku ia sudah mengidap gangguan mental bipolar tipe II sejak 2016 lalu. Menurut Medina, penyakitnya tersebut ia dapat karena keturunan genetik dari sang ibu. Karena penyakit bipolar-nya, Medina sempat mengonsumsi narkoba jenis amfetamin sehingga membuatnya terseret kasus hukum akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

    Namun, karena obat yang dikonsumsi berdasarkan resep untuk mengobati bipolar, Medina hanya perlu menjalani rehabilitasi selama tiga bulan di Lemdikpol, Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

    Editor Team

    COMMENT