Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 16 2021

    5 Cara Ekstrem Agensi K-Pop Membuat Trainee Turunkan Berat Badan, Bagian 2

    Kawula Muda, ada agensi yang hanya memberikan air saja untuk trainee yang berat badannya bertambah.

    Foto ilustrasi. (FREEPIK.COM)

    Setiap agensi memiliki peraturan tersendiri untuk menjaga penampilan setiap idol K-Pop yang berada di bawah asuhan mereka. Termasuk salah satunya adalah peraturan tentang berat badan para trainee

    Beberapa trainee dari agensi yang berbeda-beda sempat mengungkapkan beberapa cara yang tergolong ekstrem yang diterapkan oleh agensi untuk menurunkan berat badan para trainee.

    Di bagian pertama telah dibahas beberapa cara yang diterapkan yaitu suntikan dengan sengatan listrik, makan makanan yang dikontrol oleh agensi, serta berlari keliling kantor agensi sebagai hukuman karena berat badan trainee naik.

    Masih ada dua cara lain yang diterapkan oleh agensi idol K-Pop agar para trainee mereka mau menurunkan berat badan sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh perusahaan.

    4. Jatah makan

    Dalam sebuah wawancara dengan BBC, seorang mantan trainee K-Pop kelahiran Inggris bernama Euodias mengungkapkan bahwa seorang trainee akan dijatah makanannya untuk memaksa mereka menurunkan berat badan.

    Euodias menjelaskan bahwa perusahaannya memberitahu para trainee tidak boleh memiliki berat badan lebih dari 47 kg terlepas dari usia atau tinggi badan. Padahal menurut BMI, siapa pun dengan tinggi lebih dari 160 cm akan dianggap kurus jika memiliki berat badan 47 kg.

    Untuk memaksa trainee menjaga bobot mereka tetap rendah, menurut Euodias, perusahaan akan memberikan jatah makanan terbatas bagi siapa saja yang beratnya di atas 47 kg.

    Terkadang perusahaan bahkan mengambil seluruh jatah makan dan hanya memberikan air kepada para trainee yang mereka anggap kelebihan berat badan.

    Euodias bercerita bahwa saat itu banyak trainee yang harus dibopong oleh rekan-rekan lain untuk kembali ke asrama karena tidak memiliki tenaga akibat kekurangan gizi.

    5. Pemutusan kontrak

    Cara ekstrem lainnya yang diterapkan oleh sebuah agensi K-Pop untuk menurunkan berat badan anak asuh mereka adalah dengan memberikan ancaman. Perusahaan mengancam akan memberikan penalti bahkan pemutusan kontrak jika ada trainee bertambah berat badan.

    Tahun lalu, mantan trainee FNC Entertainment yaitu Cho Ah Young, yang pernah muncul di program Mnet, CAP-TEEN, sempat mengungkapkan bahwa dia sebetulnya pernah berhasil masuk ke line-up girlgroup yang bakal debut.

    CHO AH YOUNGCho Ah Young, mantan trainee FNC Entertainment. (TWITTER)

     

    Sayang, dia harus didiskualifikasi pada menit-menit terakhir sebelum grup tersebut debut karena agensi menilai berat badannya bertambah.

    Cho Ah Young bercerita, saat itu dia sempat mengalami stres dan membuatnya banyak makan yang mengakibatkan berat badannya bertambah. Dia pun sempat membenci dirinya sendiri.

    Beruntung saat itu Cho Ah Young didampingi oleh sang ibu yang membantunya melewati masa-masa sulit dan membangun kembali kepercayaan dirinya.

    Wah, ternyata memang tidak mudah untuk menjadi seorang idola K-Pop ya!

    Editor Team

    COMMENT