Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 25 2022

    5 Selebritas Dunia yang Mengidap Penyakit Langka, Ada Lady Gaga dan Billie Eilish

    Hai Kawula Muda, para artis cantik ini berjuang melawan penyakit langka.

    Sia, Selena Gomez, Billie Eilish. (INSTAGRAM)

    Menjadi selebritas apalagi tingkat dunia sudah pasti akan selalu jadi sorotan. Mulai dari soal karier, hubungan asmara, keuangan, hingga masalah kesehatan pun tak luput dari pemberitaan.

    Meskipun terlihat sempurna, kehidupan para selebriti ternyata tak luput dari masalah kesehatan. Bahkan beberapa selebriti harus berjuang untuk melawan penyakit yang diidapnya. Bukan penyakit biasa, tetapi penyakit langka yang tidak ditemui pada banyak orang, dan belum ada pengobatannya.

    Siapa sajakah para selebriti dunia yang mengidap penyakit langka? Berikut daftarnya dirangkum dari berbagai sumber.

    1. Sia (EDS)

    SIAPenyanyi dan penulis lagu asal Australia, SIA. (INSTAGRAM/SIA)

     

    Sia mengungkapkan dirinya telah mengidap Sindrom Ehlers Danlos. Dilansir dari Allure Magazine Aindrom Ehlers Danlos (EDS) merupakan gangguan yang mempengaruhi jaringan penghubung yang mendukung kulit, tulang, dan jaringan lain.

    Kondisi ini membuat pengidapnya mengalami hipermobilitas atau tubuh yang super lentur dan mampu menyebabkan rasa sakit kronis. Penyakit ini jarang terjadi dan hanya menyerang satu dari 5 ribu orang di seluruh dunia.

    2. Selena Gomez (Lupus)

    Selena GomezSelena Gomez. (GETTY IMAGES)

      

    Bukan rahasia lagi jika mantan pacar Justin Bieber ini menginspirasi banyak orang berkat perjuangannya melawan lupus. Penyakit lupus yang diderita Selena Gomez juga sempat membuatnya menjalani transplantasi ginjal.

    Meskipun hingga kini belum ditemukan obatnya, Selena Gomez tak patah semangat untuk melakukan serangkaian terapi untuk membantu penyembuhan penyakitnya.

    3. Lady Gaga (FMS)

    LADY GAGAPenyanyi Amerika, Lady Gaga. (INSTAGRAM/LADY GAGA)

      

    Lady Gaga rupanya mengidap penyakit langka bernama Fibromyalgia Syndrome atau FMS. Penyakit ini menyebabkan rasa nyeri di sekujur tubuh, kelumpuhan, bahkan gangguan ingatan jika penderitanya terlalu lelah.

    Meski terdiagnosis mengidap penyakit tersebut, Lady Gaga selalu tampil memukau. Gaga bahkan sangat peduli dengan orang-orang yang mengidap penyakit kronis seperti dirinya. Ia berharap dapat terhubung baik dengan mereka, agar bisa saling menguatkan satu sama lain.

    4. Gigi Hadid (Hashimoto)

    undefinedImage Caption

      

    Melalui akun Twitter pribadinya, Gigi Hadid mengumumkan bahwa ia mengidap penyakit hashimoto. Itu ia lakukan setelah mendapat kritikan tubuhnya yang dinilai terlalu kurus pada peragaan busana musim dingin 2018 oleh Jeremy Scott dan Bottega Veneta.

    Dalam unggahannya, dituliskan bahwa ia baru mengetahui penyakitnya setelah berkarier di dunia model.

    “Kalian yang mengatakan kalau saya terlalu besar untuk industri ini hanya melihat peradangan dan retensi air akibat penyakit itu,” tulisnya pada Senin, 12 Februari 2018.

    Penyakit hashimoto adalah penyakit autoimun yang menyerang tiroid, di mana penyakit autoimun menyebabkan sistem imun menyerah jaringan tubuh orang itu sendiri.

    Penyebab penyakit yang dialami Gigi Hadid ini pun belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang diyakini berpengaruh pada kemunculan penyakit hashimoto ini. Faktor-faktor itu adalah gen atau keturunan, masalah hormon, kelebihan yodium, dan efek radiasi berlebih.

    5. Billie Eilish (Sindrom Tourette)

    Billie EilishBillie Eilish nyanyikan lagu baru di konser ‘Happier Than Ever: The World Tour 2022’. (NME)

     

    Siapa sangka penyanyi dengan sederet penghargaan ini ternyata telah lama berjuang melawan penyakit. Pemilik nama lengkap Billie Eilish Pirate Baird O'Connell ini diketahui memiliki penyakit bernama sindrom Tourette yang telah diidap sejak kecil. Billie Eilish mengonfirmasi kondisi kesehatannya melalui akun Instagram-nya usai berbagai video soal ia dan penyakitnya bermunculan di internet.

    Pada kasus yang dialami Billie Eilish, ia mengalami gangguan tics pada fisik bukan pada suaranya. Ia kerap mengalami kedutan, mengedipkan mata, mengangkat bahu, dan berbagai gerakan lain yang semuanya terjadi tanpa kendali.

    Hingga saat ini tidak ada obat yang dapat menyembuhkan Sindrom Tourette. Kebanyakan orang yang mengalami sindrom ini tidak membutuhkan perawatan apapun. Namun, ketika gejala tics-nya menyebabkan cedera atau nyeri, biasanya baru akan mendapat pengobatan.

    Editor Team

    COMMENT