Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 29 2021

    Ada yang Terinspirasi dari Semut, Ini Makna Simbol-Simbol dalam Serial “Squid Game”

    Hai Kawula Muda, sudah pada tahu belum arti symbol-simbol di Squid Game?

    Berbagai karakter dan simbol dalam serial "Squid Game". (NETFLIX)

    Popularitas drama Korea serial Squid Game di Netflix seakan tidak ada habis-habisnya. Bahkan sekarang banyak penonton yang mulai mempertanyakan arti simbol-simbol misterius yang ditampilkan oleh sang sutradara, Hwang Dong-hyuk.

    Simbol misterius itu ada tiga bentuk  yaitu lingkaran, segitiga, dan kotak. Ketiganya muncul pada undangan, kartu nama, dan topeng para penjaga di serial tersebut.

    Simbol pada undangan 

    Simbol yang terdapat di dalam undangan seperti, lingkaran, segitiga, dan kotak sebenarnya adalah huruf-huruf alfabet Korea, ditulis dalam Hangul, sistem penulisan Korea.

    Lingkaran adalah huruf 'O', segitiga adalah bagian dari huruf 'J' dan bujur sangkar adalah 'M'. 

    Jadi jika disusun berdampingan, bertuliskan 'OJM', yang merupakan inisial permainan cumi-cumi dalam bahasa Korea, yang dibaca sebagai Ojingeo Geim (오징어게임) yang berarti permainan cumi-cumi.

    SQUID GAMEKartu nama Squid Game. (NETFLIX)

    Di sisi lain, kompetisi yang kita lihat dalam serial ini didasarkan pada permainan anak-anak tradisional Korea dari tahun 1970-an.

    Terdapat simbol juga dalam pilihan nama program yang sebenarnya mengambil nama permainan cumi-cumi tadi.

    Nama cumi-cumi sendiri terdiri dari berbagai bentuk geometris (lingkaran, persegi atau segitiga) yang jika disatukan akan membentuk cumi-cumi.

    Simbol pada kostum penjaga 

    Simbol-simbol juga terdapat pada kostum jumpsuit dan topeng yang dikenakan puluhan bahkan ratusan penjaga.

    Pada topeng mereka terdapat simbol lingkaran, segitiga, dan segi empat. simbol geometris yang kita lihat dalam karakter ini menandakan fungsi atau tugas masing-masing.

    “Lingkaran adalah pekerja, segitiga mewakili tentara yang bersenjata, sedangkan kotak adalah untuk manajer” kata Hwang Dong-hyuk, penulis dan sutradara K-Drama Squid Game.

    Selain itu, Dong-hyuk juga mengungkapkan bahwa simbol dan makna yang ia pilih tersebut terinspirasi oleh semut pekerja.

    "Dalam komunitas semut, masing-masing punya tugas yang dibebankan kepada mereka," katanya menjelaskan lebih lanjut.

    Salah satu adegan serial Netflix Salah satu adegan serial Netflix "Squid Game". (Dok. NETFLIX)

    Misteri amplop merah dan biru 

    Di awal drama ini juga ada misteri dua warna amplop yang dibawa salesman misterius dan harus dipilih, yaitu amplop warna merah dan warna biru.

    Warna amplop tersebut mewakili peran yang akan dimainkan oleh mereka yang dipilih dalam kompetisi.

    Amplop biru sebagai pemain, dan amplop merah yang akan menjadi penjaga dalam seragam merah dan topeng bersimbol misterius.

    Selanjutnya pemain akan memakai baju biru, sedangkan penjaga mengenakan baju merah serta memakai topeng.

    Meskipun para pemain adalah yang paling berisiko, namun penjaga juga tak kalah mengerikan karena harus menyaksikan kematian dan membawa mayat-mayat yang gugur dalam permainan.

    Para penjaga bertugas menyiapkan permainan Squid Game, sehingga mereka tahu bagaimana para peserta akan mati.

    Tetapi mereka tidak bisa ikut campur karena mereka juga harus mengikuti aturan tertentu, seperti tidak berbicara sampai atasan mengizinkannya dan tidak boleh melepas topeng.

    Permainan Permainan "Squid Game". (Dok. NETFLIX)

    Jalan cerita 

    Squid Game adalah serial bergenre thriller survival yang terdiri dari 9 episode dan menceritakan 456 peserta yang diajak memainkan permainan anak-anak Korea Sekatan dengan taruhan nyawa yang mencekam.

    Hadiah yang ditawarkan sangat menggiurkan yakni 45,6 miliar won atau setara Rp 551 miliar, Namun konsekuensinya, kalau mereka kalah itu artinya mereka akan kehilangan nyawa.

    Ke-456 orang peserta 'dipaksa' untuk bersaing dalam sebuah permainan bertahan hidup. Persamaan dari seluruh peserta adalah mereka umumnya terjerat utang jutaan hingga miliaran won.

    Editor Team

    COMMENT