Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 28 2021

    Aktris China, Zheng Shuang Didenda Rp 660 M Atas Kasus Penggelapan Pajak

    Kawula Muda, kehidupan Zheng Shuang tampaknya tak lepas dari masalah.

    Zheng Shuang, aktris China yang terlibat skandal (TWITTER)

    Selebritas ternama asal China, Zheng Shuang kembali menjadi sorotan. Aktris berusia 30 tahun ini dijatuhi hukuman denda sebesar 299 juta yuan atau sekitar Rp 660 miliar karena telah melakukan penggelapan pajak.

    Pada Jumat (27/08/2021), Administrasi Pajak Negara China (STA) menyatakan bahwa Zheng Shuang telah bersalah karena tidak melaporkan pendapatannya dengan benar pada 2019 hingga 2020. Zheng diduga telah menyembunyikan pendapatannya sebesar 191 juta yuan atau sekitar Rp 422,7 miliar.

    Zheng juga dinyatakan bersalah karena menghindari pajak sebesar 48 juta yuan atau sekitar Rp 106 miliar serta menunggak pajak sebesar 26,5 juta yuan atau sekitar Rp 58,6 miliar.

    “Selama empat bulan terakhir, inspeksi komprehensif dan mendalam telah dilakukan pada penggunaan kontrak ‘yin dan yang’ oleh Zheng Shuang untuk dugaan penghindaran pajak, “ ungkap juru bicara STA seperti yang dilansir dari South China Morning Post.

    Kontrak 'yin dan yang' merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut kontrak rahasia berisi gaji sebenarnya serta kontrak lain dengan jumlah gaji yang lebih rendah dan diserahkan kepada otoritas pajak. Kontrak 'yin dan yang' dilakukan untuk menghindari pembayaran pajak yang lebih besar.

    ZHENG SHUANGZheng Shuang, terlibat skandal ibu pengganti.(TWITTER)

     

    Sebelumnya, Zheng dilaporkan oleh mantan suaminya, Zhang Heng atas penggelapan pajak pada April lalu. Pada saat membintang drama TV berjudul A Chinese Ghost Story, Zheng menerima pembayaran 160 juta yuan dengan skema kontrak ‘yin dan yang’ untuk penghindaran pajak.

    Menurut STA, Zheng tidak akan menghadapi tuntutan pidana jika ia membayar denda yang telah ditetapkan oleh pengadilan.

    Zheng Shuang dikenal sebagai salah satu aktris berpendapatan tinggi di China. Namanya mulai meroket setelah bermain dalam drama seri yang diadaptasi dari serial Taiwan, Meteor Shower pada 2009. Setelah itu, dia banyak membintangi drama seri dan juga film yang membuatnya masuk deretan selebritas papan atas di China.

    Akibat kasus ini, badan regulator penyiaran China meminta agar setiap tayangan televisi yang dibintangi oleh Zheng Shuang dihentikan. Mereka juga meminta agar para produser tidak memakai jasa dari Zheng Shuang lagi.

    Badan Radio, Film, dan Televisi China akhir-akhir ini sedang gencar menyoroti kasus penggelapan pajak. Mereka mengungkapkan bahwa tidak akan menoleransi penggelapan pajak dan kontrak palsu.

    Pemerintah China saat ini tengah gencar memperbaiki perilaku moral selebritas dan juga penggemar. Mereka menyebut dunia selebritas di negara itu saat ini mulai tidak terkendali. Apalagi beberapa waktu lalu, sejumlah selebritas ternama selain Zheng Shuang yaitu Fan Bingbing dan juga Kris Wu terlibat dalam sejumlah skandal besar.

    Zheng Shuang juga tidak sekali ini terlibat dalam sebuah skandal. Sebelumnya, ia juga terlibat skandal besar yang berhubungan dengan masalah pribadi. Zheng dikabarkan telah memakai jasa ibu pengganti dan menelantarkan kedua anak hasil hubungannya Zhang Heng.

    Kabar terakhir menyebutkan bahwa kini kehidupan Zheng Shuang tidak lagi bergelimang harta dan harus berhemat. Apakah ia bisa membayar denda yang jumlahnya yang sangat fantastis itu?

    Editor Team

    COMMENT