Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 01 2021

    Album Perdana Olivia Rodrigo “Sour” Debut di Puncak Billboard 200

    Kawula Muda, keren ya prestasi Olivia.

    Penyanyi Amerika Serikat, Olivia Rodrigo. (INSTAGRAM/OLIVIA RODRIGO)

    Olivia Rodrigo kembali mencetak kesuksesan besar di dunia musik. Hanya seminggu setelah single-nya, Good 4 U, menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot 100, kini giliran album perdananya, “Sour”, yang menempati posisi nomor satu di tangga album Billboard 200.

    Album tersebut debut di puncak Billboard 200 edisi 5 Juni 2021, yang sekaligus menandai debut terbesar Olivia di Billboard.

    “Sour” menggeser album “The Off-Season” milik J. Cole yang minggu lalu berada di nomor satu. Di peringkat ketiga ada Twenty One Pilots dengan album keenam mereka, “Scaled and Icy”.

    Menurut data dari MRC Data, album “Sour” telah terjual sebanyak 295.000 unit di Amerika Serikat selama satu minggu, sejak dirilis pada 21 Mei 2021. Angka tersebut terdiri dari 218.000 unit SEA (Streaming Equivalent Albums), album sales sebanyak 72.000 unit, dan TEA (Track Equivalent Album) sebanyak 4.000 unit.

    Pencapaian tersebut telah menyumbang rekor baru bagi Olivia Rodrigo sebagai artis dengan penjualan album terbanyak dalam satu minggu selama 2021 di AS, sekaligus melampaui rekor sebelumnya yang dicapai oleh Taylor Swift melalui albumnya “Fearless (Taylor’s Version)” yang terjual sebanyak 291.000 unit pada April 2021.

    Nama Taylor Swift juga ikut dikreditkan di album “Sour” sebagai co-writer di lagu 1 Step Forward, 3 Steps Back, karena lagu tersebut menggunakan sampel lagu New Year’s Day dari album 2017 Taylor berjudul “Reputation”.

    Olivia Rodrigo juga mencetak rekor lain sebagai artis perempuan dengan penjualan album debut terbanyak di AS, melampaui rekor Cardi B dengan album debutnya, “Invasion of Privacy”.

    Dirilis pada 6 April 2018, album pertama Cardi B tersebut mencetak angka penjualan 255.000 unit dan berhasil debut di puncak Billboard 200. Olivia merupakan artis perempuan pertama yang berhasil mendebutkan album perdananya di tangga album tersebut setelah Cardi B.

    “Sour” merupakan album debut Olivia Rodrigo yang diawali dengan perilisan tiga single yaitu Drivers License, Deja Vu, dan Good 4 U. Terdapat 11 lagu dalam album ini, dua di antaranya berhasil menduduki nomor 1 Billboard Hot 100, yaitu Drivers License dan Good 4 U.

    Sebelum ini, album “Sour” juga telah memecahkan rekor di Spotify sebagai album milik artis perempuan dengan jumlah streaming terbanyak pada minggu pertama rilis secara global dengan angka 385 juta streaming.

    “Terima kasih untuk semua yang mendengarkan ‘SOUR’. Ini benar-benar menjadi minggu terkeren dalam hidupku. (Aku) sangat sangat bersyukur," kata Olivia Rodrigo melalui akun Instagram-nya ketika merayakan rekor tersebut.

    Editor Team

    COMMENT