Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 03 2022

    Apes, Luna Maya Jadi Korban Penipuan Telepon Rugi Jutaan Rupiah

    Kawula Muda, ada yang pernah jadi korban penipuan juga enggak?

    Aktris dan model, Luna Maya. (INSTAGRAM/LUNA MAYA)

    Modus penipuan melalui telepon masih marak terjadi. Kali ini salah satu korbannya adalah aktris sekaligus model ternama, Luna Maya.

    Dalam kanal YouTubenya, Luna sempat membagikan kisahnya saat ditipu dan mengakibatkan ia kehilangan uang jutaan rupiah.

    Luna bercerita awalnya ia menerima telepon dari salah satu provider telepon seluler. Saat menerima telepon, ia merasa seperti dihipnotis dan menuruti saja arahan dari si pelaku.

    “Guys aku baru kena tipu guys, gue tadi lagi foto-foto terus gue ditelepon kan. Gue tuh awalnya udah curiga karena nomor teleponnya 1+ berapa gitu lah artinya sebenernya itu Whatsapp ya guys,” ungkap Luna.

    Kemudian penipu itu memberikan penawaran menggiurkan pada Luna yaitu biaya telepon gratis selama tiga bulan dan penukaran poin menjadi uang senilai Rp 800 ribu.

    “Gue ditelepon katanya dia dari Te******l point. Gue tahu poin gue lumayan banyak dan enggak pernah gue pake. Gue ditawarin tuker poin dengan 3 bulan gratis telepon wah oke juga nih gue pikir gue langsung oke kan,” tambahnya.

    Merasa tertarik dengan tawaran dari penipu, Luna lalu mulai mengikuti semua arahan tanpa bisa melawan serta berpikir jernih.

    Penipu kemudian meminta Luna masuk ke aplikasi M-Banking untuk bisa masuk aplikasi dompet elektronik atau E-Wallet.

    “Itu kayak dihipnotis kayaknya ya, kita kayak dibikin sibuk terus, disuruh ini itu. Kayak seolah-olah beneran mau dapet jadi enggak dikasih nafas buat mikir juga,” kata Luna.

    Sewaktu menerima telepon, sebenarnya Luna sudah menyadari bahwa itu penipuan karena si penelepon meminta kode OTP yang seharusnya sangat rahasia dan tidak boleh dibagikan ke orang lain.

    Penipu lalu meminta Luna untuk mengisi kolom transfer atau top-up senilai Rp 1,9 juta lebih.

    “Itu kalau misal gue nolnya banyak itu Rp 19 juta atau Rp 190 juta ya, tapi untungnya baru Rp 1,9 berapa lah,” kata Luna.

    Selesai telepon dengan penipu, Luna Maya pun berinisiatif mengecek riwayat transaksi dan mendapati aktivitas debit sebesar Rp 1,9 juta lebih. Ia pun baru sadar kalau telah menjadi korban penipuan.

    “Kan gue harusnya dapat duit tapi ini kenapa transfer ke D, itu kan artinya ke debit ya terus nominalnya 1989268, Rp 1,9 hampir Rp 2 juta guys gue kena tipu.”

    Luna mengaku kaget sekaligus sedih karena tidak menyangka kalau dirinya bakal menjadi korban penipuan melalui telepon.

    “Gue sedih guys, bukan karena nominalnya ya mungkin gue kurang sedekah dan si masnya ini emang lagi butuh banget ya udah.”

    Tak ingin ada korban lainnya, Luna mengingatkan para penonton YouTubenya untuk selalu berhati-hati dengan telepon masuk mengaku dari customer service tetapi memiliki suara yang kurang enak didengar.

    Editor Team

    COMMENT