Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 09 2020

    Bagaimana Proses Voting dalam Penentuan Nominasi dan Pemenang Grammy Awards 2021?

    Kawula Muda, yag penasaran sama Grammy, wajib baca ya...

    Logo Grammy Awards 2021. (TWITTER/RECORDING ACADEMY)

    Voting final untuk Grammy Awards 2021 telah dimulai. Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya bagaimanakah sistem voting di Grammy dilakukan?  

    Menurut prosedur, Recording Academy sebagai lembaga penyelenggara Grammy Awards menerapkan sistem voting untuk menentukan nomie maupun pemenang.

    Voting dilakukan terhadap calon nomine yang telah lulus proses screening (sudah memenuhi syarat kelayakan dan ditempatkan pada kategori yang tepat). Hanya anggota Recording Academy terdaftar yang memiliki hak suara untuk melakukan voting.

    Siapakah mereka? Mereka adalah para artis, produser, maupun musisi yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu anggota profesional (dari kalangan industri musik) dan anggota mahasiswa (dari kalangan pelajar bidang musik).

    Anggota voting harus mempertimbangkan penilaian terhadap suatu karya musik dalam periode yang telah ditentukan yaitu 1 Oktober 2019–31 Agustus 2020. Proses voting terdiri dari dua putaran yaitu putaran pertama (untuk menentukan nominasi) dan putaran final (untuk menentukan pemenang).

    Terdapat 84 kategori di Grammy Awards yang terbagi menjadi 30 bidang. Pada voting putaran pertama, anggota voting hanya dapat memberikan suara mereka sesuai bidang keahlian mereka. Setiap anggota bisa memberikan suara hingga 15 kategori genre serta 4 kategori bidang umum (semua genre).

    Hasil voting putaran pertama selanjutnya masih harus diperiksa oleh komite peninjau untuk memutuskan daftar nomine Grammy Awards.

    Setelah nominasi diputuskan, selanjutnya akan dilakukan voting putaran final untuk penentuan pemenang.

    Tahun ini, tercatat kurang lebih ada 11.000 anggota voting yang memiliki hak suara pada putaran final, 12 persen di antaranya merupakan anggota baru. Mereka memiliki waktu kurang lebih 4 minggu untuk menyalurkan pilihan mereka, dari 7 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

    Sama seperti pada putaran pertama, setiap pemilih di putaran final dapat memilih hingga 15 kategori genre dan 4 kategori bidang umum.

    Surat suara Grammy Awards selanjutnya ditabulasi oleh sebuah perusahaan audit independen bernama Deloitte.

    Hasil akhir pemungutan suara tersebut dirahasiakan hingga malam puncak Grammy Awards. Deloitte hanya akan mengirimkan nama pemenang dalam amplop tertutup yang baru akan dibuka pada saat pengumuman pemenang.

    Pengumuman pemenang Grammy Awards dijadwalkan akan berlangsung pada 31 Januari 2021. Acara tersebut akan disiarkan langsung melalui stasiun televisi CBS mulai pukul 20.00 ET atau besoknya pukul 08.00 WIB.

    Editor Team

    COMMENT