Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 20 2021

    Baru Tayang, Petisi Drama “Snowdrop” Sudah Capai 200 Ribu Tanda Tangan dan Sponsor Pilih Mundur

    Kawula Muda, siapa yang sudah nonton episode perdananya?

    Poster drama Korea "Snowdrop" yang dibintangi Jisoo BLACKPINK dan Jung Hae In. (INSTAGRAM/JTBC)

    Drama Snowdrop sepertinya masih harus menghadapi sejumlah rintangan walaupun telah menayangkan dua episode perdananya.

    Pada Sabtu (18/12/2021), drama yang dibintangi oleh Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK tersebut baru saja menayangkan episode pertama dan episode keduanya ditayangkan pada Minggu (19/12/2021).

    Menurut laporan dari media Korea, ada petisi baru yang diajukan untuk drama Snowdrop. Petisi yang dajukan saat ini masih menuntut hal yang sama yaitu agar drama tersebut dihentikan penayangannya karena telah mendistorsi sejarah.

    Menurut petisi tersebut, dari episode pertama ternyata terlihat pemeran utama perempuan yang telah keliru dalam menyelamatkan mata-mata gerakan pro-demokrasi yang diperankan oleh pemeran utama pria.

    Drama tersebut juga tampak menggunakan lagu latar yang terkenal dan identik dengan gerakan pro-demokrasi pada 1980 di Korea Selatan.

    Sejumlah warganet juga menuliskan ketidaknyamanan mereka ketika menonton adegan dalam drama dengan menggunakan lagu tersebut.

    “Tidak pantas menggunakan lagu yang begitu bersejarah untuk adegan yang menamplkan Badan Perencanaan Keamanan Nasional dan mata-mata,” tulis salah seorang warganet.

    Kurang dari 24 jam petisi tersebut telah ditanda tangani oleh lebih dari 200 ribu orang dan rencananya akan ditutup pada 18 Januari 2022.

    Sebelumnya, petisi mengenai hal yang sama sempat diajukan bahkan mendapatkan tanggapan dari pihak Blue House. Saat itu, pihak Blue House memberi tanggapan bahwa mereka menyerahkan sepenuhnya kepada pihak JTBC untuk menyelesaikan hal tersebut, karena berkaitan dengan kebebasan berekspresi.

    Pihak JTBC sempat buka suara dan membantah dengan tegas mengenai tuduhan bahwa drama tersebut telah mendistorsi sejarah dengan meremehkan gerakan pro-demokrasi di Korea Selatan. Kini, warganet menilai bahwa JTBC tidak menepati janji untuk mengubah plot.

    Pihak sponsor memilih untuk mengundurkan diri

    SNOWDROPJisoo BLACKPINK dan aktor Jung Hae In, para pemeran drama "Snowdrop". (INSTAGRAM/JTBCDRAMA)

     

    Banyaknya respons negatif dari warga Korea membuat beberapa sponsor dalam drama tersebut ikut buka suara, salah satunya adalah perusahaan Dopyeongyo.

    “Kami merupakan perusahaan kecil yang tak memiliki latar politik. Kami tak menerima pemberitahuan sebelumnya tentang naskah atau plot darma, dan kami belum dapat meninjau sponsorshipnya,” tulis perusahaan yang menyediakan beragam hiasan keramik tersebut.

    Mereka juga meminta agar pihak produksi drama menghapus logo perusahaan. Tidak hanya satu perusahaan, brand fesyen Garnisong, Hans Electronics, dan Ssarijae Village juga meminta agar produk dan logo perusahaan mereka dihilangkan dari drama tersebut.

    Namun, karena drama ini sudah menyelesaikan tahap produksinya, ada beberapa produk yang masih akan muncul. Saat ini, pihak produksi hanya bisa meminimalkan kemunculan produk sponsor tersebut.

    Petisi ini tentu saja membuat para fans Jisoo BLACKPINK merasa khawatir. Karena Snowdrop merupakan debut akting Jisoo BLACKPINK.

    Sebelumnya, drama berjudul Joseon Exorcist juga sempat mengalami kejadian serupa. Drama tersebut dibatalkan penayangannya setelah mendapatkan reaksi keras dari warga Korea yang menilai drama tersebut telah mendistorsi sejarah. Saat itu, petisi pembatalan tayang drama tersebut mendapatkan kurang lebih 127 ribu tanda tangan dalam sehari.

    Editor Team

    COMMENT