Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 10 2020

    Beda Aturan SM Entertainment dan JYP Entertainment untuk Trainee Mereka

    Kawula Muda, ternyata benar kata orang, tidak mudah untuk menjadi idol K-Pop.

    Super M dan ITZY. (INSTAGRAM)

    Sebagai salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment dan JYP Entertainment, telah menghasilkan beberapa idol yang sukses dalam karier mereka.

    Namun, untuk membentuk seorang trainee hingga bisa debut menjadi seorang idol K-Pop, bukanlah perkara yang mudah. Mereka menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh para trainee selama menjalani masa pelatihan di perusahaan tersebut.

    Kita lihat perbedaannya yuk! Berikut adalah beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para trainee SM Entertainment.

    1.Tidak ada telepon atau pergi keluar pada malam hari

    Dilansir dari Koreaboo, menurut seorang mantan trainee SM Entertainment, mereka yang menjalani masa pelatihan di perusahaan tersebut tidak diperbolehkan untuk menggunakan telepon kecuali pada malam hari atau pada hari Minggu. Mereka juga dilarang untuk keluar pada malam hari.

    2. Selalu belajar dari kesalahan

    Kapan pun seorang trainee melakukan kesalahan, mereka akan diminta untuk menuliskan apa kesalahan mereka dan tidak diperbolehkan untuk menjalani sesi latihan, sampai mereka belajar dari kesalahan yang telah diperbuat.

    3. Latihan terus menerus

    Trainee di SM Entertainment diharapkan selalu melakukan sesi latihan secara konstan selama 12 jam, setiap hari, kecuali pada hari Minggu.


    SUPERMSuperM, boygroup besutan SM Entertainment. (INSTAGRAM/SM ENTERTAINMENT)

     

    4. Membungkuk

    Dalam budaya Korea, menyapa dan membungkuk adalah salah satu keharusan untuk menunjukkan rasa hormat dan sopan santun. Setiap hari para trainee SM Entertainment mempelajari hal tersebut.

    Hal ini diungkap Baekhyun EXO, pada saat dia mengenang masa-masa saat masih menjadi seorang trainee.

    Baekhyun mengungkapkan bahwa seorang trainee di perusahaan tersebut harus menyapa para senior mereka dengan suara yang lantang dan harus membungkuk, sebagai bentuk kesopanan dan hormat mereka.

    Aturan berbeda diterapkan di agensi JYP Entertainment. Berikut adalah aturan yang harus dipatuhi trainee di agensi tersebut.

    1.Tidak masuk ke bar yang hanya dilayani oleh pelayan perempuan

    Peraturan ini berlaku tidak hanya untuk para trainee tapi juga terhadap para karyawan JYP Entertainment.

    Park Jin Young sebagai pemilik JYP Entertaiment pernah mengungkapkan bahwa semua karyawan di perusahaannya dilarang keras untuk memasuki bar yang hanya memiliki pelayan perempuan. Biasanya, bar seperti ini hanya memperkerjakan wanita untuk melayani pelanggan pria.

    Park Jin Young sangat ketat dalam memberlakukan aturan ini, dan dia tidak akan segan-segan untuk memecat siapa pun yang melanggarnya.

    “Saya mengatakan kepada mereka, tidak masalah jika perusahaan gagal. Tapi begitu kalian melangkahkan kaki kalian masuk ke dalam bar-bar itu, maka bersiap-siaplah untuk dipecat,” ujar Park Jin Young.

    2. Diet

    Para trainee di JYP Entertainment diharapkan untuk melakukan diet yang dimonitor secara ketat oleh perusahaan. Mereka juga dilarang untuk makan beberapa makanan tertentu seperti jokbal, makanan tradisional Korea yang terbuat dari kaki babi yang direbus dengan kecap dan rempah-rempah.

    3. Tidak ada lagu berbahasa Korea selama evaluasi bulanan

    Mantan member MADTOWN, H.O, membagikan cerita ketika dia masih menjadi trainee di JYP Entertainment. Menurut dia, para trainee tidak diperbolehkan untuk menyanyikan lagu dalam bahasa Korea selama evaluasi bulanan.

    “Di JYP, kamu tidak boleh menyanyi lagu bahasa Korea waktu evaluasi bulanan. Kalau kamu tanya pelatih vokal, ‘apakah saya bisa menyanyikan lagu Korea?' kamu akan mendapatkan pukulan di belakang, dan langsung diberitahu, ‘tidak'. Lagunya harus lagu pop (Inggris). Saya tidak tahu apa alasannya. Bahkan sampai hari ini, saya masih tidak tahu kenapa enggak boleh menyanyi lagu Korea di saat evaluasi bulanan JYP,” ujar H.O seperti dikutip dari Koreaboo.

    GOT7GOT7, boygroup yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. (INSTAGRAM/GOT7)

     

    4. Metode menyanyi “Half air, half sound”

    Park Jin Young memiliki gaya menyanyi yang khas dan seringkali diterapkan pada artis yang berada di bawah naungan JYP.

    Gaya menyanyi JYP yaitu “half air, half sound” alias gaya menyanyi setengah udara, setengah bunyi. Sebagian besar trainee di agensi tersebut diajarkan cara menyanyi dengan gaya tersebut, karena Park Jin Young percaya, metode tersebut dapat menghasilkan suara dan nafas yang lebih lembut.

    5. Berkencan sangat dilarang

    Larangan yang satu ini bahkan berlaku tidak hanya pada saat masih menjadi trainee. Pada saat trainee tersebut sudah melakukan debut, mereka akan tetap dilarang untuk berkencan.

    Idol yang berada di bawah naungan JYP tidak diperbolehkan berkencan selama 3 tahun pertama sejak mereka debut. Menurut Park Jin Young, menjalin hubungan kekasih dan berkencan akan mengalihkan fokus idol tersebut.

    Editor Team

    COMMENT