Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 06 2021

    Bikin Ngakak Warganet, “Ciputat” dan “Ciledug” Muncul dalam Subtitle Drama Korea Vincenzo

    Kawula Muda! Drama Korea "Vincenzo" semakin melokal. Kali ini Ciputat dan Ciledug ikut muncul!

    Poster drama Korea "Vincenzo". (Netflix)

    Drama Korea Vincenzo kembali buat heboh warganet. Setelah sebelumnya kemunculan merek permen kopi Indonesia membuat drama ini tampak melokal, kali ini giliran Ciputat dan Ciledug yang tampil dalam subtitle drama tersebut.

    Tangkapan layar cuplikan drama Vincenzo ketika menyebut nama daerah Ciputat dan Ciledug sempat diunggah oleh akun Twitter @subtanyarl. Hal ini sontak membuat heboh jagat Twitter.

    Sejumlah warganet sangsi akan kebenaran subtitle dan tangkapan layar yang diunggah akun tersebut. Namun, tak sedikit pula yang membenarkan serta menunjukkan respons tawanya dengan me-reply unggahan.

    Adapun, Ciputat dan Ciledug muncul dalam adegan pertemuan Lee Chul-wook, pesilat yang menyamar menjadi anggota Geng Gerombolan Pedang Ganda, dengan Ketua Serikat Buruh Babel. Kala itu, Lee Chul-wook berkata demikian kepada Ketua Serikat Buruh Babel, “Saat melakukan beatbox, kau hanya perlu katakan dua hal. Ciputat Ciledug. Ciputat Ciledug”.

    Kedua tokoh akhirnya mengucapkan kata-kata tersebut berulang kali sembari menari hingga akhirnya Chul-wook membenturkan kepalanya pada kepala ketua serikat untuk membuat ketua serikat pingsan.

    Dalam dialog asli, Le Chul-wook sebenarnya tidak menyebut Ciputat dan Ciledug. Ia menyebut bukchigi dan bakchigi. Akan tetapi, subtitle bahasa Indonesia resmi dari Netflix menerjemahkan kedua kata tersebut sebagai Ciputat dan Ciledug.

    Netflix Indonesia juga sempat mengunggah cuplikan adegan tersebut melalui Instagram dengan keterangan “Banten pride detected”. Tak sedikit warganet yang berkomentar dan menunjukkan apresiasinya atas kretivitas penerjemah. Menurut warganet, kata Ciputat, Ciledug, dan Tebet memang sudah menjadi semacam slang words yang digunakan untuk beatbox Indonesia.


    Editor Team

    COMMENT