Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 26 2021

    Chloe Zhao Cetak Sejarah Menangi Sutradara Terbaik di Oscar 2021

    Kawula Muda, Chloe beri pesan menyentuh saat menerima penghargaan.

    Chloe Zhao, sutradara perempuan asal China. (TWITTER)

    Chloe Zhao baru saja membuat sejarah di Academy Awards. Pembuat film Nomadland tersebut memenangi penghargaan sebagai Sutradara Terbaik pada Academy Awards atau Piala Oscar 2021, yang berlangsung Minggu (25/4/2021) malam waktu Amerika Serikat.

    Dengan kemenangannya tersebut, Chloe telah menjadi sutradara perempuan kedua yang berhasil membawa pulang trofi untuk kategori tersebut. Sebelumnya, sutradara Kathryn Bigelow menjadi satu-atunya perempuan yang berhasil memenangi kategori Sutradara Terbaik untuk film The Hurt Locker pada 2008.

    Di ajang Academy Awards 2021, Chloe berhasil mengalahkan sutradara hebat lainnya yang berhasil masuk nominasi yaitu Thomas Vinterberg (Another Round), David Finche (Mank), Lee Isaac Chung (Minari), dan Emerald Fennel (Promising Young Woman).

    Oscar tahun ini juga membuat sejarah baru, karena lebih dari satu pembuat film perempuan berhasil masuk nominasi untuk kategori Sutradara Terbaik.

    Dalam pidato kemenangannya, Chloe sempat berbagi pesan menyentuh dengan membawa kisah masa kecilnya ketika ia masih tinggal di China.

    “Saat saya tumbuh di China, saya dan ayah selalu memainkan permainan ini. Kami akan menghafal puisi China klasik dan melafalkannya bersama-sama. Ada satu puisi yang saya ingat yaitu puisi berjudul ‘Tiga Karakter Klasik’. Kalimat pertamanya berbunyi, ’Orang saat lahir pada dasarnya baik’. Kata-kata itulah yang saya ingat sampai hari ini dan memberi pengaruh besar dalam hidup saya. Saya masih mempercayainya sampai hari ini,” ujar Chloe.

    “Walaupun kebalikannya benar, tapi saya selalu menemukan kebaikan pada orang-orang yang saya temui, kemana pun saya pergi di dunia ini. penghargaan ini untuk mereka yang masih memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam diri mereka sendiri. Untuk berpegang pada kebaikan, tak peduli betapa sulitnya untuk melakukan hal tersebut. Ini untuk kalian semua, kalian menginspirasi saya untuk terus berjalan. Terima kasih,” kata dia menambahkan.

    Chloe Zhao menjadi perempuan Asia dan perempuan kulit berwarna pertama yang memenangi kategori Sutradara Terbaik dalam sejarah Oscar. Dia juga menjadi perempuan pertama yang berhasil menerima empat nominasi dalam satu tahun dalam sejarah Oscar.

    Selain Sutradara Terbaik, dia juga masuk menjadi nomine di kategori Penyuntingan Film Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Gambar Terbaik.

    Hanya lima perempuan yang dinominasikan dalam kategori Sutradara Terabaik sebelum Oscar 2021. Mereka adalah Lina Wertmuller (Seven Beauties)Jane Campion (The Piano)Sofia Coppola (Lost in Translation)Kathryn Bigelow (The Hurt Locker)dan Greta Gerwig (Lady Bird).

    Congratulations, Chloe! 

    Editor Team

    COMMENT