Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 31 2021

    Columbia Records Buka Suara Setelah Diprotes ARMY Terkait Hitungan Streaming Lagu BTS di Spotify

    Kawula Muda, Executive Vice President dari Columbia Records angkat bicara.

    BTS merilis single berbahasa Inggris kedua berjudul "Butter". (TWITTER/KPOP HERALD)

    Beberapa waktu terakhir, para penggemar BTS yang kerap disapa ARMY sempat menaikkan tagar #InvestigateSpotify setelah menemukan kejanggalan dalam penghitungan jumlah streaming lagu hits BTS di Spotify.

    ARMY melihat bahwa sebagian besar jumlah streaming lagu BTS seperti Butter dan Dynamite telah di-filter dan tidak masuk dalam hitungan.

    Menurut data yang ditemukan oleh ARMY di BHF Data Analytics, sebesar 47 persen streaming tidak dihitung untuk lagu Butter, sedangkan untuk Dynamite sebanyak 38 persen.

    Hal ini tentu saja sangat merugikan grup idola mereka yang digawangi oleh RM, Jin, Jungkook, Jimin, V, Suga, dan J-Hope.

    Untuk itulah, para ARMY di seluruh dunia langsung menaikkan tagar #InvestigateSpotify dan menuntut pihak Spotify transparan dalam jumlah penghitungan streaming lagu di layanan mereka. Mereka pun menghubungi berbagai otoritas di industri musik mengenai hal ini.

    ARMY bahkan meminta penjelasan ke Peter Gray yang menjadi Executive Vice President Columbia Records selaku pihak distributor album BTS di Amerika Serikat. Dalam unggahan yang dibagikan oleh akun @chartbangtan di Twiiter, Peter Gray akhirnya buka suara terkait permasalahan tersebut.

    Jawaban yang disampaikan melalui DM (Direct Message) instagram tersebut mengungkapkan bahwa saat ini mereka tengah melakukan pembahasan yang sifatnya high level alias tingkat tinggi bersama dengan semua platform streaming.

    Semoga dengan adanya pembahasan tersebut akan ada perombakan sistem penghitungan jumlah streaming di berbagai platform termasuk Spotify, sehingga tidak lagi merugikan berbagai pihak.

    Setelah dirilis pada 21 Mei 2021, single terbaru milik BTS yang berjudul Butter berhasil menembus angka 11,042,335 streams pada hari pertama perilisan. Pencapaian ini membuat lagu berbahasa Inggris kedua BTS ini menjadi yang paling banyak diperdengarkan dalam satu hari di platform streaming musik Spotify pada  hari pertama sejak dirilis.

    Butter berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ed Sheeran dan Justin Bieber pada 2019 dengan lagu I Don’t Care. 

    Editor Team

    COMMENT