Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 21 2021

    CRAVITY Dituding Menjiplak MV “BOY” Milik TREASURE!

    Kawula Muda, baru saja lakukan comeback CRAVITY langsung diterpa isu panas.

    CRAVITY, beranggotakan 9 member. (TWITTER/CRAVITY OFFICIAL)

    Nama boygroup CRAVITY kembali menjadi bahan perbincangan di antara netizen Korea atau sering disingkat menjadi Kornet.

    Kali ini bukan mengenai karya terbaru mereka setelah melakukan comeback beberapa waktu lalu, melainkan karena boygroup asuhan Starship Entertainment tersebut dituding telah melakukan penjiplakan alias plagiarisme atas karya idol K-Pop lain.

    CRAVITY baru saja melakukan comeback pada 19 Januari 2021 dengan merilis lagu berjudul My Turn. Bersamaan dengan kembalinya mereka ke industri musik K-Pop, boygroup beranggotakan 9 orang member ini juga merilis MV dari lagu My Turn.

    Sayangnya, baru saja dirilis, MV tersebut langsung diterpa isu plagiarisme. Melansir dari Allkpop, banyak netizen Korea berpendapat bahwa MV My Turn memiliki kesamaan dengan MV debut milik rookie group TREASURE yang berjudul BOY.

    Tudingan tersebut langsung ramai dibicarakan karena netizen menunjukkan beberapa bukti yang memperlihatkan kesamaan konsep dalam MV lagu terbaru milik CRAVITY. Dari foto-foto yang diambil dari tangkapan layar kedua MV tersebut, terlihat adanya beberapa kesamaan konsep.

    Salah satu yang cukup banyak mendapatkan sorotan dari Kornet adalah kemiripan penggunaan motor dan cahaya LED untuk menggambarkan kecepatan motor dalam dua MV tersebut.

    CRAVITYKesamaan konsep yang ditemukan dalam MV "My Turn" milik CRAVITY dan MV "BOY" milik TREASURE. (ALLKPOP)

     

    Isu plagiarisme sebenarnya bukan sekali ini saja ditujukan kepada CRAVITY. Sebelumnya, mereka beberapa kali juga dituding telah menjiplak karya dari idol group lain, seperti logo grup EXO. Beberapa konsep MV dari EXO juga pernah dijiplak, hingga koreografi mereka yang dinilai telah menjiplak gerakan dari grup NCT 127 untuk lagu Cherry Bomb.

    Walaupun dinilai telah melakukan penjiplakan, netizen tidak sepenuhnya menyalahkan para member CRAVITY. Mereka lebih banyak menyalahkan agensi Starship Entertainment yang dinilai tidak kreatif dalam membuat sebuah konsep untuk anak asuh mereka.

    CRAVITY adalah salah satu rookie group yang cukup diperhitungkan keberadaannya saat ini. Nama CRAVITY merupakan akronim dari Creativity dan Gravity, serta Center of Gravity. Grup ini belum genap berumu satu tahun sejak melakukan debut.

    Mereka baru melangsungkan debut pada 14 April 2020 dengan merilis lagu Break All the Rules yang terdapat dalam mini album berjudul “HIDEOUT: REMEMBER WHO WE ARE-SEASON 1”.

    Editor Team

    COMMENT