Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 28 2022

    Dikaitkan dengan Penyakit Bipolar Marshanda, Apa Itu Manic Episode?

    Yang membuat doi sempat 'hilang' di Los Angeles, Kawula Muda!

    Marshanda (INSTAGRAM/MARSHANDA)


    Kabar hilangnya artis Marshanda sempat membuat heboh media sosial. Pasalnya, ia dikabarkan hilang dalam kondisi manic episode

    “Warga Indonesia hilang di Los Angeles, California, US. Dia dalam keadaan Manic Episode,” tulis Sheila, seorang teman Marshanda lewat Story Instagram.

    MarshandaMarshanda (INSTAGRAM/MARSHANDA)

      

    Lantas, Apa Itu Manic Episode?

    Manic Episode, Episode manik atau mania adalah salah satu efek yang kerap dialami pasien gangguan bipolar. Sebagai informasi, gangguan bipolar adalah gangguan mental yang cukup umum dialami oleh masyarakat. 

    Adapun episode manik merupakan periode saat seseorang mengalami peningkatan mood atau merasa sangat gembira secara tidak wajar. 

    Karena itulah, seseorang bisa saja berperilaku secara berlebihan, memiliki pikiran yang berkelebat, mudah terdestruksi, dan bahkan memiliki gejala psikosis. 

    Mengutip Sehatq, gejala tersebut dapat berlangsung selama lebih dari seminggu. Adapun berikut beberapa gejala yang dapat dikaitkan dengan episode mania atau manik!

    1. Penurunan Keinginan Tidur

    Dikarenakan memiliki mood yang sangat tinggi, seseorang yang mengalami episode manik kerap tidak memiliki keinginan untuk tidur. 

    2. Lakukan Banyak Hal dalam Sekali Waktu

    Seseorang yang mengalami gejala ini cenderung gelisah dan kerap mencari cara untuk menyalurkan energinya. Karena itulah, ia mampu mengerjakan banyak hal dalam sekali waktu. 

    3. Berbicara dengan Cepat

    Penderita gejala ini dapat berbicara cepat dan lantang. Namun, ritme berbicara sang penderita tersebut jauh berbeda apabila dibandingkan dengan cara berbicaranya ketika tidak berada di bawah pengaruh episode manik. 

    Selain ketiga gejala tersebut, penderita episode manik juga kerap melakukan perilaku impulsif, memiliki pikiran yang berkelebat, menunjukkan tanda delusi, hingga mudah tersinggung. 

    Editor Team

    COMMENT