Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 12 2021

    Dituding Gunakan Lagu Ardhito Pramono “Bitter Love” Tanpa Izin, Pihak Produksi tvN Klarifikasi

    Kawula Muda, program tv Korea “Three Meals a Day” dituding gunakan lagu “Bitter Love” tanpa izin.

    Penyanyi dan musisi Indonesia, Ardhito Pramono. (INSTAGRAM/ARDHITO PRAMONO)

    Musisi Indonesia, Ardhito Pramono beberapa waktu lalu sempat berkeluh kesah bahwa banyak lagu-lagunya yang digunakan tanpa izin oleh beberapa program acara televisi di Korea Selatan.

    Melalui Instagram Story, Ardhito menuliskan bahwa ia sering kali mendapatkan info kalau lagunya dipakai oleh beragam acara variety show di Korea Selatan.

    “Gak ngerti, izin enggak, ada omongan aja enggak. Kalo udah ngomong ke publisher pasti dijawab ‘Nanti Kita Cari Yang Pake LaguUuNyaAa. Begitu mulu. Kayanya lagu gue udh jadi public domain di Korea. Seperti ‘FREE BMG MUSIC FOR YOUR EATING SHOW’. Yasudahlah, ingin hati annyeonghaseo apadaya smlekum,” tulis Ardhito.

    Unggahan itu lalu mendapat beragam komentar dari warganet. Beberapa warganet sempat menyebutkan bahwa program tvN, Three Meals a Day, sering sekali menggunakan lagu Bitter Love milik Ardhito.

    Three Meals a Day merupakan salah satu program variety show di tvN yang memiliki penggemar cukup banyak dan memiliki rating yang bagus. Melalui akun media sosial resmi mereka, akhirnya pihak tvN pun angkat bicara.

    ARDHITO PRAMONOPenyanyi dan musisi Indonesia, Ardhito Pramono. (TWITTER/ARDHITO PRAMONO)

     

    Dalam rilisnya, pihak produksi program Three Meals a Day menyebutkan bahwa mereka telah mendapatkan izin untuk menggunakan lagu Ardhito yang berjudul Bitter Love. Mereka menambahkan bahwa lagu tersebut telah terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea.

    “Lagu ‘Bitter Love’ yang diklaim telah digunakan tanpa izin di beberapa program adalah lagu yang telah terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, dan biaya penggunaannya telah dibayarkan melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea. Hak cipta seluruh musik yang digunakan dalam siaran telah mendapat izin berdasar kontrak perusahaan kami dengan Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, Asosiasi Industri Rekaman Korea, dan Asosiasi Musisi Korea,” tulis pihak tvN melalui akun @tvn3meals.

    Pihak tvN juga menambahkan bahwa mereka telah menjelaskan hal tersebut secara langsung kepada Ardhito Pramono dan mengatakan bahwa permasalahan itu hanya sebuah kesalahpahaman.

    Melalui Instagram Story, akhirnya Ardhito kembali memberikan pernyataan serta membenarkan bahwa adanya kesalahpahaman.

    “Izin untuk lagu-lagu Ardhito Pramono yang digunakan oleh show ‘Three Meals a Day’ ternyata sudah dilakukan oleh pihak produksi dari acara tersebut, bahkan pihak ‘Three Meals a Day’ telah membayar izin lagu-lagu tersebut ke Asosiasi Musik Korea. Anehnya, saya sebagai produser & pencipta lagu tidak pernah mendapatkan info tentang lagu-lagu yang digunakan. Mohon sekali @sonymusicid bersama @sonymusickorea bekerja sama dalam hal ini,” ujar Ardhito.

    Editor Team

    COMMENT