Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 10 2021

    Dituding Jiplak MV Lay EXO, Young Lex dan Three Kingdom Rilis Klarifikasi

    Kawula Muda,Young Lex dan Three Kingdom meminta maaf.

    Young Lex, salah satu rapper asal Indonesia. (INSTAGRAM/YOUNG LEX)

    Selasa (9/3/2021), media sosial sempat diramaikan oleh nama Young Lex dan Zhang Yixing alias Lay EXO. Kehebohan tersebut bermula ketika Young Lex merilis sebuah video musik berjudul Raja Terakhir dalam akun YouTube miliknya.

    Namun, tak lama setelah video musik tersebut dirilis, para penggemar K-Pop menemukan beberapa kemiripan dengan MV milik Lay EXO yang berjudul Lit.

    Menurut mereka, tidak hanya unsur musiknya, video musik yang bekerjasama dengan game mobile Three Kingdoms: Hero Legendaris tersebut juga memiliki banyak kesamaan di bagian visual, gaya, dan koreografi.

    Yang paling terlihat adalah kemunculan motion graphic berbentuk naga dalam video musik Raja Terakhir, tampak mirip dengan desain naga yang muncul dalam video musik Lit Lay EXO. Bahkan latar belakang adegan dan segi pengambilan gambar dituding oleh para penggemar telah menjiplak.

    Isu plagiarisme ini pun langsung menjadi perbincangan panas dan merajai trending topic Twitter. Akhirnya pihak Young Lex dan game mobile Three Kingdoms: Hero Legendaris merilis pernyataan terkait permasalahan ini.

    Melalui akun Instagram, pihak Three Kingdoms: Hero Legendaris menyatakan permintaan maaf karena telah membuat kehebohan dan tidak teliti terhadap proses kreatif dari pembuatan video musik Raja Terakhir.

    “Di sini tentang lagu MV dari Young Lex, ‘Raja Terakhir’ yang membuat kehebohan saat ini. Perusahaan kami sebagai pengguna lagu ini tidak dapat menjaga dasar yang harus dijaga yaitu perlindungan terhadap bahan iklan ini dan kami menyatakan bersalah. Kami akan memeriksa ulang dan memecat pekerja dari agensi yang bersangkutan. Di sini kami sebagai pihak pembuat juga menyatakan minta maaf kepada Lay Zhang dan juga agensi serta hak pembuatan lagu, berharap pihak tersebut bisa memahaminya,” tulis pihak Three Kingdoms.

    Selain meminta maaf, pihak game mobile juga telah menghapus semua MV yang ada di media sosial.


    Tak hanya pihak game mobile, Young Lex juga merilis klarifikasi terkait permasalahan tersebut. Melalui akun Instagram dan YouTube, Young Lex mengaku bahwa dia hanya diminta untuk membuat lagu, sementara pembuatan video klip dikerjakan oleh pihak ketiga.

    Young Lex juga menegaskan bahwa ia sama sekali tidak menjiplak untuk pembuatan lagu RajaTerakhir dan hanya menggunakan sample beat yang diambil dari internet. Young Lex juga memutuskan untuk menghapus video musik tersebut dari akun YouTube miliknya.

    Simak video klarifikasi dari Young Lex tentang isu plagiarisme yang menyeret namanya di bawah ini ya!


    Editor Team

    COMMENT