Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 23 2021

    Dituding Plagiat "As the Gods Will", Sutradara "Squid Game" Sebut Sudah Menulis Naskah Sejak 2008

    Kawula Muda, lo udah kelar nonton Squid Game belom?

    "Squid Game" serial Netflix Korea yang rilis 17 September lalu. (TWITTER/NETFLIXMY)

    Kawula Muda, hadirnya "Squid Game" sejak Jumat (17/9/2021) lalu membuat gempar banyak orang, sampai-sampai "Squid Game" mendapatkan rating tinggi di berbagai kategori.

    Namun, banyak yang menuding "Squid Game" meniru film Jepang yang berjudul "As the Gods Will". "Squid Game" dinilai memiliki jalan cerita yang sama dengan film Jepang itu, karena menceritakan pertandingan bertahan hidup dengan permainan anak-anak.

    Tak hanya itu, netizen pun kerap membandingkan adegan-adegan dari kedua film tersebut yang terlihat sangat mirip, ketika permainan pertama bernama “Lampu Merah, Lampu Hijau” dimulai.

    Kesamaan itu terletak pada boneka raksasa, jam hitung mundur, hingga adegan run-slide. Sutradara "Squid Game", Hwang Dong-hyuk pun akhirnya menanggapi komentar tersebut.

    Naskah "Squid Game" telah dikerjakan sejak 2008

    Melansir Bisnis.com, meskipun "Squid Game" merupakan serial Korea dan "As the Gods Will" datang dari Jepang, Hwang Dong-hyuk mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa "Squid Game" pada dasarnya terinspirasi dari komik Jepang (manga) dan komik Korea (manhwa).

    Bicara soal plagiat, Hwang Dong-hyuk mengaku telah mengerjakan naskah "Squid Game" sejak tahun 2008 lalu, dan kemudian rampung setahun setelahnya yaitu 2009.

    "...Namun orang-orang mengatakan itu (Squid Game) tidak akan berhasil karena ceritanya kejam dan genre-nya tidak dikenal publik saat itu. Aku tidak bisa mendapat investasi atau casting karena proyeknya sulit untuk dimengerti. Jadi aku berhenti menggarapnya," tutur Hwang Dong-hyuk pada Allkpop.

    Film "As the Gods Will" baru digarap pada tahun 2010-an

    Cuplikan film Cuplikan film "As the Gods Will". (Dok. ROME FILM FESTIVAL)

     

    Fakta adalah fakta. "As the Gods Will" diketahui tayang secara perdana pada tahun 2014 lalu. Namun, "Squid Game" lah yang telah lebih dulu menggarapnya.

    "Ini bukan sesuatu yang ingin saya lakukan, [untuk mengklaim] kepemilikan cerita ini, tetapi jika saya ingin mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu," tambah sutradara serial yang telah meraih rating 19+ tertinggi sepanjang sejarah serial Netflix Korea itu.

    Meski begitu, Hwang Dong-hyuk mengaku memang adanya kesamaan pada permainan pertama. Namun, permainan lainnya tidak memiliki kesamaan lagi.

    "Saya mengerjakan (Squid Game) 2008 dan 2009, dan pada saat itu, game pertama (sudah) ditetapkan sebagai 'Lampu Merah Lampu Hijau," tegasnya dilansir NME.

    Jalan cerita keduanya tidak sama

    Menilik lebih dalam, alur cerita "Squid Game" dan "As the Gods Will" sebenarnya tidak begitu mirip. "Squid Game" mengisahkan tentang organisasi misterius yang merekrut 456 orang yang tengah terlilit utang dalam jumlah besar. Kemudian, mereka diajak bersaing satu sama lain untuk mendapatkan uang senilai 45,6 miliar won, dengan nyawa yang harus dipertaruhkan.

    Sementara itu, "As the Gods Will" mengisahkan sekelompok siswa SMA yang terpaksa harus mengikuti permainan mematikan, karena peristiwa meledaknya guru mereka di kelas. 

    Menurut Kawula Muda, lebih seru "Squid Game" atau "As the Gods Will", nih?

    Editor Team

    COMMENT