Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 10 2021

    Dua Lipa Digugat karena Unggah Fotonya Sendiri di Instagram Hasil Jepretan Paparazzi

    Kawula Muda, makanya hati-hati yang kalau mau posting foto.

    Penyanyi Inggris, Dua Lipa, saat hadir di Brit Awards 2021. (INSTAGRAM/BRITS)

    Dua Lipa harus berurusan dengan hukum karena membagikan fotonya sendiri di akun Instagram pribadinya. Pasalnya, foto tersebut diduga bukanlah hasil jepretannya sendiri melainkan dari paparazi.

    Sebuah agensi foto selebritas bernama Integral Images menggugat sang artis dengan tuduhan telah melakukan pelanggaran hak cipta. Gugatan itu dilayangkan ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat, di California, pada Selasa (06/07/2021) melalui pengacara bernama Craig Sanders.

    Dalam gugatan mereka, Integral Images mengklaim bahwa Dua Lipa “secara sadar” membagikan foto tersebut tanpa izin di akun Instagramnya pada 7 Februari 2019, empat hari selang foto tersebut diambil.

    Foto itu menampilkan sang penyanyi sedang berada di bandara dengan mengenakan topi besar. Ia sedang berdiri memegangi tiket pesawat dan paspornya. Namun, Dua telah menghapus foto tersebut dari akunnnya.

    Penggugat juga mencatat bahwa Dua Lipa telah mendapat untung dari foto tersebut, karena menggunakan Instagram-nya sebagai alat marketing.

    “Akun tersebut dimonetasi karena berisi konten yang dirancang untuk mengumpulkan para follower yang diarahkan untuk mengonsumsi dan membeli konten tergugat melalui link dan/atau iklan. Tergugat (mendapat) keuntungan dari aktivitas ini,” bunyi pengaduan tersebut.

    Integral Images menuntut ganti rugi sebesar 150.000 dolar AS atau sekitar Rp 2,1 miliar ditambah penggantian biaya hukum (ligitasi dan pengacara), serta perintah dari pengadilan agar Dua tidak melakukan tindakan pelanggaran hak cipta lagi untuk ke depannya.

    Belum ada tangapan resmi dari pihak Dua Lipa terkait hal ini. Penyanyi asal Inggris itu bukanlah selebritas pertama yang dituntuk secara hukum karena mengunggah fotonya sendiri hasil jepretan paparazi.

    Ariana Grande dan Justin Bieber pernah menghadapi kasus serupa pada 2019 setelah dituntut oleh seorang fotografer bernama Robert Barbera. Pada tahun yang sama, Jennifer lopez juga digugat oleh Splashy News dan Picture Agency setelah mengunggah foto dirinya bersama pacarnya saat itu, Alex Rodriguez, di Instagram.

    Editor Team

    COMMENT