Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 08 2021

    Emil dan Pepeng Resmi Keluar dari Band, Begini Nasib NAIF Sekarang

    Kawula Muda, ada pertemuan ada perpisahan ya guys.

    Band Indonesia, Naif. (INSTAGRAM/NAIF)

    Setelah bersama selama kurang lebih 25 tahun, Pepeng dan Emil resmi keluar dari band NAIF. Kabar sedih tersebut disampaikan oleh sang bassist, Emil, dalam wawancaranya bersama Shindu’s Scoop baru-baru ini.

    Emil mengatakan bahwa dia sebenarnya sudah meninggalkan band legendaris tersebut sejak September 2020 dengan pertimbangan masak. Pepeng mengikuti jejaknya beberapa minggu kemudian

    "Sejak September tahun lalu gue cabut, gue pamit sama anak-anak. Cuma (menurut) gue, gak ada urgensinya mengumumkan sesuatu." kata pria bernama asli Mohammad Amil Hussein tersebut.

    "Naif itu beyond music buat gue. Jangankan sama personel, sama kru juga (dekat). Tiap kali ada event, itu tempat gue untuk have fun. Gue udah nggak peduli sama panggungnya, ketemu anak-anak dan kru jadi ajang melepas stres. Ketika pandemi datang, gue me-reset ulang gue mau ngapain di Naif," lanjutnya.

    Meski tidak mengungkap secara detail apa yang menjadi alasannya hengkang dari NAIF, Emil sempat menyinggung bahwa keberadaannya di band yang terbentuk sejak 1995 itu sudah tidak bermakna apa-apa baginya.

    "Gue bikin sesuatu harus ada maknanya atau meaning-nya. Ketika itu udah nggak ada, buat apa lagi berlama-lama. 25 tahun sudah cukup. Lebih elegan juga untuk gue pamit dibanding stay tapi nggak ngapa-ngapain. Beberapa minggu kemudian Pepeng cabut," terang Emil.

    Sementara itu, Pepeng mengatakan bahwa keputusan keluar dari NAIF ada kaitannya dengan pandemi.

    “Yang pasti, pandemi ini berpengaruh terhadap persoalan ini. Bukan karena nggak ada job panggung ya. Tawaran manggung virtual dulu-dulu banyak aja, tapi Naif memang nggak mau manggung virtual,” ujar Pepeng, dikutip dari Detik.

    “Sisanya karena banyak nganggur jadi muncullah beberapa isu internal sampai akhirnya begini,” kata dia manambahkan.

    Dengan keluarnya Pepeng dan Emil, maka saat NAIF hanya menyisakan dua personel yaitu David dan Jarwo. Pepeng mengaku tidak keberatan jika David dan Jarwo melanjutkan perjalanan karier mereka bersama NAIF, namun harus dilandasi persetujuan dari dirinya dan Emil karena mereka juga ikut mendirikan band tersebut.

    “Kalau David dan Jarwo mau melanjutkan NAIF tanpa aku dan Emil, mereka harus izin sama kami dulu. karena aku dan Emil juga founder band ini,” kata Pepeng.

    Di sisi lain, David menegaskan bahwa NAIF saat ini belum bubar, melainkan hiatus. Dia juga menjelaskan bahwa bandnya memang sudah tidak aktif sejak Maret tahun lalu.

    “Dibilang (bubar) nggak, nggak aktif dan sudah pas setahun,” ujar David dalam wawancaranya bersma Helmy Yahya di YouTube.

    “Maret tanggal 12-an kalau nggak salah, sebelum Covid-19 tahun lalu, itu terakhir (kali) manggung. Memang benar-benar lockdown, terakhir manggung dan terakhir ketemu juga dengan anak-anak, Pepeng, Emil, Jarwo, dan gue,” kata vokalis band tersebut.

    “Bahasa kerennya hiatus untuk memutuskan tidak melakukan apa-apa sampai waktu yang belum ditentukan,” ujar David.

    Editor Team

    COMMENT