Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 12 2022

    Fantastis! Lukisan Marilyn Monroe Terjual Rp 2,8 Triliun Rupiah

    Hai Kawula Muda, harga lukisan Marilyn Monroe mencengangkan.

    Lukisan Marilyn Monroe dilelang. (TWITTER)


    Pesona Marilyn Monroe nampaknya belum memudar, meskipun artis legendaris tersebut telah meninggal 60 tahun yang lalu. Buktinya, lukisan bergambar Marilyn Monroe karya Andy Warhol berhasil terjual dengan harga 195 dolar AS juta atau sekitar Rp 2,8 triliun. Wow!

    Lukisan berjudul Shot Sage Blue Marilyn itu terjual pada hari Senin (9/5/2022) di rumah lelang Christie, New York. Nilai itupun menjadikannya sebagai karya seniman Amerika termahal yang pernah dijual di lelang, dan menjadi barang paling mahal dari abad ke-20 yang pernah dilelang.

    Lukisan dengan teknik silks-creen yang dibuat pada tahun 1964 itu menunjukkan Monroe dalam pose close-up yang cerah, rambut kuning, eyeshadow biru, dan bibir merah dengan latar belakang biru yang menawan.

    Hasil penjualan lukisan ini akan disumbangkan ke Yayasan Thomas and Doris Ammann Foundation Zurich yang bergerak untuk membantu anak-anak dengan program perawatan kesehatan dan pendidikan.

    Warhol sendiri telah menciptakan lebih dari satu gambar Monroe dengan teknik silk-screen. Tiap-tiap lukisan memiliki latar belakang warna yang berbeda. Karya-karyanya itu telah dipamerkan di berbagai museum di seluruh dunia.

    Seri silk-screen dari Monroe milik Warhol menjadi terkenal setelah rekannya sesama pelukis, Doroty Podber, memasuki studi pada September 1964 dan menembak tumpukan hasil cetakan dengan pistol. Meskipun kisah itu masih kontroversi, karena beberapa orang meyakini bahwa Podber bukan benar-benar menembak dengan pistol, tetapi hanya mengambil foto dari hasil karya Warhol.

    Mana yang benar? Yang jelas, karya Warhol untuk lukisan Marilyn Monroe ini sudah menjadi salah satu lukisan terbaik sepanjang masa. Setidaknya itu yang disampaikan pakar seni dari rumah lelang Christie, Alex Rotter.



    Editor Team

    COMMENT