Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 04 2021

    Film PARANOIA Tayang 11 November, Ceritakan Ketakutan Masing-masing Pemeran

    Kawula Muda, siapa yang nungguin film PARANOIA?

    Press screening dan press conference PARANOIA. (Dok. ISABELLA PERMATASARI)

    Kawula Muda, film thriller karya sutradara Riri Reza dan produser Mira Lesmana—PARANOIA—akan tayang sebentar lagi, Rabu (11/11/2021).

    Meskipun begitu, PARANOIA telah membuka pemutaran khusus atau advance screening di Jakarta dan Bekasi pada 30-31 Oktober lalu. Bandung dan Yogyakarta pun akan menyusul pada 6 November dan 8 November mendatang.

    Saya pun mendapat kesempatan untuk hadir dalam press screening dan press conference PARANOIA yang diadakan pada Kamis (4/11/2021).

    Film yang hanya dibintangi oleh Nirina Zubir (Dina), Nicholas Saputra (Raka), Lukman Sardi (Gion), dan Caitlin North-Lewis (Laura) itu berhasil memberikan plot cerita yang menarik dengan sedikit candaan sekaligus ketegangan luar biasa di sepanjang film.

    Ceritanya dikemas dengan begitu baik serta penyutradaraan dan scoring musik yang terampil meski hanya melibatkan empat pemain, dengan hanya satu lokasi dengan radius 12 kilometer, dan situasi pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir.

    Riri pun menyampaikan bahwa penggarapan film tersebut melibatkan seorang epidomolog untuk mengetahui berapa kali tes Covid-19 yang diperlukan agar kesehatan seluruh kru dapat terjamin.

    "Dan tingkat paranoia kami terutama pada saat itu sangat tinggi, kami rutin zoom seminggu dua kali dari rumah, dan kami memikirkan 'what do we do, what do we do, nih?' Saya tidak punya usaha lain, Riri tidak punya usaha lain hahaha, benar-benar cuma bikin film," tutur Mira ketika ditanyakan bagaimana ide film PARANOIA tersebut muncul.

    "Dan saya pikir sebagai pembuat film kita mesti coba-coba hal-hal yang baru terus menerus. Jadi begitu Mira ceritain idenya sih 'Hayuuk'," tambah Riri.

    Cuplikan adegan PARANOIACuplikan adegan PARANOIA. (Dok. MILESFILMS)

     

    PARANOIA sendiri telah diputar pada Juli lalu di 25th Bucheon International Fantastic Film Festival (BIFAN) 2021, Korea Selatan dan telah terpilih dalam kompetisi di Spanyol untuk Asian Film Festival Barcelona 2021.

    Melalui konferensi pers, Riri mengatakan," Persiapan itu di Oktober 2020, kita syuting November. Kita semua merasa tenang karena Mira sebagai produser juga mengkalkulasi dengan baik."

    Pun cerita tersebut tak akan bisa berkembang menjadi sebuah film hebat tanpa kerja sama dari seluruh tim, tak terkecuali pemain.

    "Karakternya challenging banget, ya...Ini film yang penuh diskusi juga," tutur Nirina Zubir atau yang akrab disapa Na.

    Mira pun menambahkan bahwa ia sangat senang bisa mendapat berbagai masukan dari para aktor, sehingga rumah produksi Miles Films bisa memerbaikinya.

    Adapun film PARANOIA menceritakan tentang ketakutan yang ada pada masing-masing pemeran. Namun, plot tersebut berfokus pada Dina yang melarikan diri dari suaminya, Gion, dengan membawa anak mereka, Laura, dan sebuah barang berharga.

    Kedatangan Raka dalam kehidupan Dina dan Laura pun mengancam ketenangan kedua ibu dan anak tersebut dalam pelarian.

    PARANOIA telah mengantongi beberapa nominasi Piala Citra, yaitu kategori Film Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Riri Riza, Pemeran Utama Perempuan Terbaik untuk Nirina Zubir, dan Penata Suara Terbaik untuk Aria Prayogi dan Arief Budi Santoso.

    Editor Team

    COMMENT