Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 21 2020

    Gitar Kurt Cobain Laku Dilelang Seharga Rp 85,4 Miliar

    Kawula Muda, dianggap sebagai gitar legendaris, gitar milik Kurt Cobain laku terjual hingga Rp 85,4 miliar.

    Mantan vokalis band Nirvana, Kurt Cobain. (INSTAGRAM/KURT COBAIN)

    Dilansir dari Dailymail, gitar milik sang legenda grunge, Kurt Cobain, laku dilelang seharga 6 juta dolar AS atau sekitar Rp 85,4 Miliar.

    Gitar elektrik akustik 1959 Martin D-18E ini menjadi incaran banyak pihak, karena pernah menemani Kurt Cobain saat tampil pada konser Nirvana di MTV Unplugged 1993. 

    Gitar tersebut terjual dalam sebuah acara lelang yang diselenggarakan oleh Julien Auction pada Sabtu (20/6/2020) di Beverly Hills, California.

    Tawaran dibuka pada harga 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14,2 miliar, hingga harga terakhir yang mencapai enam kali lipat dari harga awal.

    Harga ini sukses memecahkan beberapa rekor dunia antara lain sebagai gitar paling mahal yang pernah dijual, serta benda memorabilia band termahal yang pernah dijual.

    Pemenang lelang adalah seorang pemilik studio rekaman RODE Microphones berkebangsaan Australia, Peter Freedman.

    Freedman mengatakan bahwa dia akan memamerkan gitar Kurt Cobain tersebut pada saat tur dunia, dan hasil penjualan tiket akan disumbangkan untuk para seniman.

    Selain gitar, Freedman juga mendapatkan tas gitar yang didekorasi Cobain dengan pamflet band Poison Idea’s untuk album “Feel the Darkness” pada 1990, serta stiker dari Alaska Airlines. 

    Pada 18 November 1993, band Nirvana tampil di acara MTV Unplugged, membawakan lagu About A Girl serta All Apologies yang menjadi lagu hits mereka.

    Penampilan Nirvana pada saat itu dianggap sebagai salah satu yang paling bersejarah, karena lima bulan setelahnya, Kurt Cobain mengakhiri hidup saat usianya masih 27 tahun.

    Benda-benda yang digunakan oleh Kurt Cobain pada hari itu pun banyak menjadi incaran para kolektor benda-benda seni.

    Selain gitar, cardigan yang dipakai oleh Kurt Cobain pada saat konser itu laku terjual seharga 334 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 4,7 miliar pada Oktober 2019.

    Editor Team

    COMMENT