Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 20 2021

    Griff Raih Penghargaan Rising Star BRIT Awards 2021, Ini Sosoknya

    Kawula Muda, kenalan yuk sama penyanyi muda berbakat ini.

    Penyanyi Inggris, Griff. (INSTAGRAM/GRIFF)

    Penyanyi muda yang sedang naik daun, Sarah Faith Griffiths alias Griff, dinobatkan sebagai pemenang penghargaan Rising Star oleh BRIT Awards (BRITs) 2021.

    Pemenang Rising Star Award diumumkan pada Jumat (19/03/2021), hampir dua bulan lebih awal dari puncak acara BRIT Awards yang dijadwalkan berlangsung pada 11 Mei 2021.

    Griff dipilih sebagai pemenang oleh para panelis yang terdiri dari kritikus dari pers nasional, editor musik online, hingga kepala musik di sejumlah stasiun radio dan TV di Inggris.

    Dia mengalahkan dua musisi lain yang dinominasikan di kategori tersebut, yaitu penyanyi Jepang-Inggris Rina Sawayama dan rapper Pa Salieu. Tahun ini semua nomine merupakan musisi non-kulit putih.

    Sebelumnya, Griff dan Pa Salieu bersaing di BBC’s Sound of 2021 yang digelar awal tahun ini. Griff sempat mendapat dukungan dari Taylor Swift waktu itu, namun Pa Salieu keluar sebagai pemenang.

    Dengan pencapaian ini, Griff menjadi salah satu pemenang Rising Star Awards termuda dengan usianya yang baru 20 tahun. Namun, dia bukanlah satu-satunya. Adele memenangi penghargaan ini saat berusia 19 tahun pada 2008 dan Jorja Smith menang di usia 20 tahun pada 2018.

    Tidak hanya itu, Griff juga merupakan keturunan Asia pertama yang meraih penghargaan tersebut. Meski lahir di Inggris, Griff merupakan putri dari ibu yang berasal dari China dan ayah dari Jamaika.

    Griff mulai tertarik di dunia musik sejak usia 5 tahun setelah mendengarkan musik Stevie Wonder. Dia melakukan rekaman pertamanya pada usia 10 tahun sebagai anggota band cilik.

    Pada 2019, saat usianya baru 18 tahun, ia menandatangani kontrak dengan Warner Records dan merilis single debut Mirror Talk sebagai bagian dari EP perdananya “The Mirror Talk”. EP yang rilis pada November 2019 tersebut berisi lima trek termasuk Didn’t Break It Enough dan Paradise.

    Sepanjang 2020, Griff merilis lebih banyak single non-abum seperti Good Stuff, Say It Again, Inside Out, dan Love Is a Compass yang menduduki peringkat 42 di Official UK Single Chart.

    Dia juga berkolaborasi dengan Zedd untuk lagu Inside Out dan Honne untuk 1,000,000 X Better, serta berkontribusi dalam penulisan lagu I Love You’s milik penyanyi Amerika, Hailee Steinfeld

    Tahun ini, dia baru saja merilis single baru berjudul Black Hole pada Januari. Lagu tersebut masuk daftar Radio 1’s A List di stasiun BBC Radio 1.

    Penghargaan Rising Star dari BRITs sebelumnya dikenal dengan nama Critics’ Choice Awards. Penghargan ini diberikan oleh British Phonographic Industry (BPI) sebagai organisasi yang mewakili perusahaan rekaman dan artis di Inggris.

    Sejumlah artis yang pernah memenangi penghargaan ini adalah Adele (2008), Florence + The Machine (2009), Ellie Goulding (2010), Jessie J (2011), Emeli Sandé (2012), Tom Odell (2013), Sam Smith (2014), James Bay (2015), Jack Garratt (2016), Rag ‘n’ Bone Man (2017), Jorja Smith (2018), Sam Fender (2019), dan Celeste (2020).

    Editor Team

    COMMENT