Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 23 2020

    Hasil Survei Membuktikan Bahwa 3 Fandom K-Pop Ini Habiskan Uang Paling Banyak demi Idola

    Kawula Muda, ada fandom K-Pop yang habiskan uang hingga puluhan juta rupiah demi idola mereka.

    BTS, TWICE, dan BLACKPINK, grup K-Pop. (TWITTER)

    Sudah menjadi sebuah rahasia umum bahwa menjadi penggemar K-Pop membutuhkan uang yang tidak sedikit.

    Hal tersebut dilakukan demi mendukung idola favorit mereka, seperti misalnya untuk membeli album yang harganya tidak murah, merchandise dari idola kesayangan mereka, atau bahkan membeli tiket konser yang bisa dipastikan harganya mencapai jutaan rupiah.

    Beberapa waktu lalu, iPrice, aggregator e-niaga, mengumpulkan data untuk mengetahui fandom K-Pop yang paling banyak mengeluarkan uang.

    Hasil survei membuktikan bahwa fandom BTS yang disebut ARMY menjadi fandom K-Pop yang paling banyak menghabiskan uang demi memberikan dukungan penuh terhadap ketujuh member.

    Rata-rata, para anggota ARMY yang loyal akan menghabiskan uang sejumlah 1,422 dolar AS atau sekitar Rp 20,3 juta untuk grup tersebut.

    BTSPenampilan BTS untuk Esquire. (TWITTER)


    Di peringkat kedua terdapat nama ONCE yaitu fandom K-Pop dari grup TWICE. Demi mendukung grup kesayangan mereka tersebut, ONCE menghabiskan rata-rata 824 dolar AS atau sekitar Rp 11,6 juta. Uang yang mereka keluarkan tersebut guna membeli beragam merchandise, album, hingga tiket konser.

    Fandom K-Pop yang menghabiskan uang paling banyak berikutnya adalah BLINK, sebutan untuk fans setia dari BLACKPINK. Menurut hasil survei, BLINK rata-rata dapat menghabiskan uang hingga 665 dolar AS atau sekitar Rp 9,3 juta untuk mengikuti idola mereka.

    Dari hasil survei tersebut juga terungkap bahwa membeli barang-barang merchandise milik idol K-Pop ternyata bisa menghabiskan biaya sebesar harga tiket konser.

    Untuk satu item di setiap kategori, seorang fans seperti ARMY dapat menghabiskan biaya hingga mencapai 545 dolar atau sekitar Rp 7,7 juta, sedangkan seorang BLINK bisa mengeluarkan uang sebesar 349 dolar AS atau sekitar Rp 4,9 juta, lalu ONCE bisa mencapai 173 dolar AS atau sekitar Rp 2,4 juta.

    Jadi, bayangkan saja kalau seorang fans BTS membeli satu barang dan satu tiket konser, berapa banyak uang yang sudah mereka keluarkan?

    TWICEPenampilan TWICE untuk album terbaru "EYES WIDE OPEN". (TWITTER/JYP NATION)

     

    Dari hasil survei yang dilakukan oleh iPrice tadi juga terbukti bahwa betapa para penggemar K-Pop sangat loyal dan supportive demi idola mereka. Hal ini juga terlihat dari nilai ekspor Korea yang berhasil mencetak rekor pada tahun ini, berkat popularitas K-Pop yang semakin meningkat.

    Menurut Layanan Bea Cukai Korea, jumlah nilai ekspor negara tersebut meningkat empat kali lipat dari 2017.

    Dengan industri K-Pop yang semakin berkembang hingga ke Jepang, China, Amerika, Eropa dan berbagai negara lain, jumlah tujuan ekspor Korea telah mengalami peningkatan dari semula hanya 75 negara kini menjadi 114 negara.

    Editor Team

    COMMENT