Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 30 2020

    Ini Dia Perbandingan PS 5 dan Xbox Series X dan Series S!

    Kawula Muda, persaingan Sony dan Microsoft di industri game memasuki babak baru nih!

    Kamis (17/9/2020), Sony mengumumkan ketersediaan serta harga PlayStation 5. PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X akan dirilis dalam waktu berdekatan pada November 2020. 

    Keduanya sama-sama dibanderol dengan harga 499 dolar AS (Rp 7,4 juta).

    Dari segi desain, PS5  tampil elegan dengan perpaduan warna putih dan hitam. Baik itu versi standar maupun digital, bentuknya lebih ramping dibanding Xbox Series X yang mengusung desain "gemuk" menyerupai balok.

    Dari faktor performa, Xbox Series X sedikit lebih mumpuni dibanding PS5, baik itu versi standar maupun digital yang keduanya memiliki spesifikasi identik.

    Perbandingan ukuran PlayStation 5 dengan konsol lain. Dari kiri ke kanan: Xbox One X, XBox Series X, PS5, PS5 Digital Edition, dan PS4. (TWITTER/@EvilBoris)Perbandingan ukuran PlayStation 5 dengan konsol lain. Dari kiri ke kanan: Xbox One X, XBox Series X, PS5, PS5 Digital Edition, dan PS4. (TWITTER/@EvilBoris)

     

    Jenis prosesor (CPU) yang membekali PS5 dan Xbox Series X sebenarnya sama, yakni CPU Custom AMD berdelapan inti (8-core) dengan arsitektur Zen 2.

    Namun, kecepatan, alias clock speed Xbox Series X sedikit lebih tinggi dengan angka 3,8 GHz (Simultaneous Multithreading/SMT mencapai 3,6 GHz).

    Kecepatan PS5 sendiri mentok di angka 3,5 GHz, sedikit lebih rendah dari pada Xbox Series S dengan kecepatan 3,6 GHz (SMT mencapai 3,4 GHz).

    Berikut perbandingan spesifikasi lengkap PS5 versi standar, digital, Xbox Series X, dan Series S, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (17/9/2020).

    Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S (KOMPAS)Perbandingan Spesifikasi dan Harga PS5, Xbox Series X, dan Xbox Series S (KOMPAS)

     

    Xbox Series X dan Series S rencananya akan diluncurkan pada 10 November 2020. Masyarakat dapat memesannya mulai 22 November 2020.

    PS5 versi reguler dan digital akan diluncurkan 12 November 2020 di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, yang hanya berselisih dua hari setelah peluncuran Xbox Series X dan Series S.

    COMMENT