Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 16 2022

    Jakarta Film Week 2022 Tampilkan Karya Terbaik dari Dunia Perfilman

    Sudah ada mulai 13-16 Oktober 2022, Kawula Muda!

    Opening Jakarta Film Week 2022 di CGV Grand Indonesia (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

    Jakarta Film Week telah dibuka pada Kamis, 13 Oktober 2022 di CGV Grand Indonesia, Jakarta. Acara tersebut menampilkan karya-karya yang apik hasil para film maker.

    Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata dan juga berkolaborasi dengan Yayasan Super Delapan Milimeter.

    Mengusung tema Emerge, acara ini memiliki arti yaitu kemunculan era baru perfilman dan keberhasilan melalui berbagai hambatan dan tantangan pada masa pandemi.

    "Melalui tema ini kami juga ingin bersinergi, bersemangat, dan memberi era baru dalam perfilman di Indonesia dan juga bisa membawa film-film Indonesia terus sukses," terang Rina Damayanti selaku Festival Director saat pembukaan Jakarta Film Week.

    Jakarta Film Week 2022Opening Jakarta Film Week 2022 di CGV Grand Indonesia, Jakarta (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

    Tahun ini, Jakarta Film Week 2022, aktor Jourdy Pranata terpilih menjadi Festival Ambassador-nya. Pemain "Pengabdi Setan 2: Communion" ini mengutarakan rasa bangganya menjadi bagian dari acara bergengsi tersebut.

    "Ini adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan untuk saya sendiri. Saya sebagai aktor baru bisa diberikan kesempatan untuk terlibat di Festival film yang bertaraf internasional," ujarnya.

    Jourdy juga memberikan harapannya untuk film Indonesia agar selalu kuat san selalu bangkit di masa pandemi yang sudah mulai membaik.

    "Terima kasih Jakarta Film Week, semoga semakin baik, semakin harum dan JFW semoga ada terus kedepannya. Perfilman Indonesia pun selalu jaya di kancah internasional," tutupnya.

    Program Jakarta Film Week

    Jakarta Film Week 2022 menghadirkan dua program yaitu pemutaran film dan non pemutaran film. Pemutaran film dilaksanakan di CGV Grand Indonesia, Jakarta, Talks dan Kompetisi di Kineforum Taman Ismail Marzuki, dan sesi Talks yang berlokasi di Ashley Hotel Wahid Hasyim.

    Untuk pemutaran film sendiri ada tiga, Kawula Muda, yaitu Global Feature (pemutaran film panjang terpilih baik dari Indonesia maupun internasional), Global Short (pemutaran film pendek menampilkan film-film pendek terpilih di Indonesia atau internasional), dan Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek).

    Di pemutaran film ada juga Feature Award (penghargaan film panjang internasional terbaik), Direction Awards (penghargaan film panjang Indonesia terbaik), Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik), Jakarta Film Fund Award (penghargaan film hasil produksi pemenang Jakarta Film Fund), Global Animation Award (penghargaan film animasi pendek), dan Series of The Year (penghargaan series original).

    Pada program non pemutaran film, ada sesi Masterclass (pelatihan untuk para profesional industri film dengan narasumber berpengalaman di industri internasional), Talks (diskusi publik seputar industri dengan panelis yang inovatif), Community (ruang berbagi komunitas film untuk memperluas jaringan dan bertukar pengalaman dengan ahli di perfilman), 

    Ada juga Jakarta Film Fund (kompetisi ide cerita pembuatan film pendek, dengan 3 proposal yang terpilih akan mendapatkan dukungan produksi, teknis, dan pelatihan), serta Road to Jakarta Film Week (kegiatan yang berjalan menjelang acara puncak Jakarta Film Week 2022).

    "Balada si Roy" jadi opening Jakarta Film Week

    Jakarta Film Week 2022Sutradara Fajar Nugros dan Produser Susanti Dewi dalam film "Balada si Roy" saat Opening Jakarta Film Week 2022 di CGV Grand Indonesia (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

    Film arahan sutradara Fajar Nugros, "Balada si Roy" menjadi opening untuk Jakarta Film Festival 2022. Film ini ditayangkan perdana sebelum resmi tayang di bioskop, loh Kawula Muda.

    Susanti Dewi, selaku produser "Balada si Roy" mengungkapkan rasa haru yang bercampur bangga atas penayangan filmnya di Jakarta Film Festival. "Ini menjadi sangat kehormatan sekali untuk kami. "Balada si Roy" ini juga pertama kali audio visualnya hadir semenjak 32 tahun novel cerita ini ditulis. Kerjasama dengan cast dan kru yang juga luar biasa. Kami berharap teman-teman semua bisa terhibur dan menikmati karya kami," kata Susanti Dewi.

    "Balada si Roy" mengisahkan tentang perjuangan hidup seorang pemuda yang duduk di bangku SMA bernama Roy yang diperankan oleh Abidzar Al-ghifari. Kehidupannya berubah sejak ditinggal oleh Ayah yang membuatnya pindah ke kota lain bersama sang Ibu.

    Roy mengalami banyak konflik sejak tinggal di daerah tersebut, apalagi sejak ia masuk ke sekolah baru. Dirinya harus berseteru dengan geng penguasa sekolah yang semakin buat hari-harinya terasa rumit.

    Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Indonesia, yang juga hadir dalam Jakarta Film Week, nih, yaitu Abidzar Al Ghifari, Febby Rastanty, Bio One, Sitha Marino, Jourdy Pranata, Omara Esteghlal, Zulfa Maharani, Wafa Saifan, Yusuf Mahardika, dan masih banyak lagi.

    Jakarta Film Week 2022Para pemain film "Balada si Roy" saat Opening Jakarta Film Week 2022 di CGV Grand Indonesia (PRAMBORS/Aqilah Ananda Purwanti)

    Yuk, nonton Jakarta Film Week!

    Jakarta Film Week akan hadir selama 4 hari sejak dibukanya pada Kamis, 13 Oktober hingga Minggu, 16 Oktober 2022. Kawula Muda juga bisa menonton pemutaran film-filmnya, loh.

    Lo bisa datang ke CGV Grand Indonesia untuk mendapatkan tiket nonton secara GRATIS dengan hanya mengisi form di lokasi. Tapi, lo harus datang minimal 60 menit sebelum film diputar, ya. Jadwal dan film apa yang bisa dinikmati, serta informasi selengkapnya bisa dilihat dalam akun Instagram resmi Jakarta Film Week 2022 @jakartafilmweek!

    Jangan sampai terlewat, soalnya tiket terbatas, nih Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT