Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 09 2020

    John Mayer Buat Jam dari Sampling Keyboard

    Kawula Muda, unik sekali inspirasi berkarya ala John Mayer!

    G-Shock edisi John Mayer berpadu dengan Casiotone SK-5 (Hodinkee)

    Hodinkee, laman yang berfokus pada penjualan jam tangan langka, menyampaikan tengah menjual jam tangan kolaborasi John Mayer dengan produsen Casio dalam varian jam G-Shock.

    Jam tangan ini dijual dengan harga 180 dolar AS (sekitar Rp 2,5 juta). Fitur di jam ini kurang lebih sama seperti produk G-Shock lainnya. Namun, John Mayer-lah yang mendesain jam tangan tersebut.

    Jam ini terinspirasi dari Casiotone SK-5, sampling keyboard yang biasa pelantun Your Body is A Wonderland ini gunakan saat kecil.

    John Mayer mengaku terinspirasi dari sampling keyboard-nya karena instrumen tersebut sangat menginspirasinya hingga menjadi seperti sekarang ini 

    Dalam wawancaranya dengan Hodinkee, musisi 43 tahun ini menjelaskan bahwa pencarian inspirasinya selalu didasari atas “mengapa” bukan “apa.”

    Jam tangan ini didesain dengan warna bernuansa abu-abu sebagai warna dasar. Kemudian, John Mayer menambahkan aksen warna kuning mustard dan aqua. Sama seperti color scheme dari keyboard kesayangannya.

    Tidak lupa dengan masa lalu, John Mayer juga memadukan nuansa 1980-an di jam tangan yang ia buat. John Mayer menjelaskan proses desain G-Shock dilakukan secara lo-fi.

    “Aku memulai dari Photoshop. Lalu, aku menggunakan eyedropper tool dan mengambil warna dari keyboard. Kemudian, setelah puas dengan warnanya, aku Pantone-matched warna tadi,” kata John Mayer.

    Nuansa 1980-an memiliki makna tersendiri bagi John Mayer. Ia menganalogikan seperti perkembangan games dari 8-bit menuju 16-bit pada masanya.

    “Teknologi dan entertainment bertemu dengan cara yang unik pada masa itu. Mainan menjadi menarik. Mungkin saat ini kita melihat itu sepele, tetapi pada masanya itu suatu revolusi besar,” ujar John Mayer soal era 1980-an.

    Jam tangan G-Shock yang hadir pada era 1990-an, kemudian didesain oleh John Mayer dengan semangat 1980-an. Paduan menarik untuk mengajak pengguna mengenang era retrofuture tersebut.

    Editor Team

    COMMENT