Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 21 2022

    Kehilangan Pelanggan, Netflix Berencana Tayangkan Iklan?

    Hmm... semoga nggak ya :(

    Ilustrasi menonton Netflix. (PIXABAY)


    Setelah terus menerus mencetak rekor jumlah langganan atau subscriber baru pasca pandemi, kini Netflix tengah menghadapi ancaman besar. Pelanggan yang terus menurun bahkan membuat Netflix tengah mempertimbangkan opsi penayangan iklan di platform mereka. 

    Pertama kali dalam sepuluh tahun, raksasa layanan streaming tersebut dilaporkan kehilangan banyak langganan. Pada kuarter pertama tahun ini saja, Netflix telah kehilangan sekitar 200.000 pelanggan. Dikutip dari Wall Street, Netflix bahkan memperkirakan akan kehilangan sekitar 2 juta pelanggan di kuartal kedua tahun ini. Hal itu pun memengaruhi saham Netflix yang turun hingga 20%. 

    Ilustrasi NetflixIlustrasi Netflix (UNSPLASH/Thibault Peni)

     

    Netflix turut menyebut beberapa alasan hal tersebut bisa terjadi. Pertama, kompetisi di dunia usaha layanan streaming yang semakin meningkat. Kedua, ekonomi serta perang di Ukraina. Netflix diketahui mengalami kerugian hingga 700.000 dolar AS karena menutup layanan di Rusia. Ketiga, banyaknya pelanggan yang berbagi akun kepada mereka yang tidak membayar biaya langganan. 

    Perusahaan yang berbasis di Amerika tersebut pun sedang memutar otak untuk kembali meraup keuntungan. Seperti yang dilakukan oleh bisnis aplikasi dan layanan lainnya, Netflix kini diketahui tengah mempertimbangkan akan menayangkan iklan di aplikasinya. 

    Sebenarnya ini bukan pertama kali Netflix mempertimbangkan untuk menayangkan iklan. Namun, ide tersebut selalu ditentang oleh salah satu pendiri dan ketua Netflix, Reed Hastings. Reed diketahui selalu menentang ide akan adanya promosi di dalam layanan streaming tersebut. 

    Sementara itu, Netflix juga diketahui tengah mencoba mengendalikan banyaknya akun ‘gratis’ yang berkeliaran. Dikutip dari Guardian, laporan terbaru menuliskan lebih dari 100 juta pemilik akun merupakan ‘penumpang gratis’ dari akun lainnya yang membayar. Hal itu disebut Netflix semakin mempersulit untuk menambah pelanggan di pasar dunia streaming

    Sebelumnya, Netflix memang sempat mengabaikan penumpang gratis tersebut dikarenakan pertumbuhan yang pesat di masa pandemi. Namun, sepertinya hal itu tidak berlangsung lama. 

    Skema untuk menumpaskan ‘penumpang gratis’ tersebut pun mulai dilakukan di Chile, Costa Rica, dan Peru. Apabila seseorang ingin membagikan akun kepada orang lain di luar rumah mereka, maka Netflix akan mengenakan biaya tambahan kepada mereka. 

    Editor Team

    COMMENT