Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jan 10 2021

    Kenalan Yuk Sama Sisitipsi, Band Dirty Jazz Jebolan Kampus IKJ

    Buat Kawula Muda yang udah kenal, biar makin kenal.

    Band Indonesia, Sisitpsi. (INSTAGRAM/SISITIPSI)

    Berbicara soal band jebolan Institut Kesenian Jakarta (IKJ), mungkin beberapa di antara kalian hanya akan menyebutkan nama-nama besar seperti Naif atau White Shoes & The Couple Company.

    Namun, ada lagi satu band jebolan IKJ yang patut diperhitungkan di dunia musik Tanah Air saat ini, yaitu Sisitipsi. Bagi kalian pencinta indie mungkin sudah tidak asing dengan band satu ini.

    Sisitipsi merupakan band beraliran jazz asal Jakarta yang gaya musiknya terinspirasi dari musik-musik era 1950-an hingga 1980-an. Bukan musik jazz biasa, yang menjadi ciri khas band ini adalah mereka menyelipkan hal-hal berbau “jorok” ke dalam musik mereka, sehingga mungkin akan lebih tepat jika disebut sebagai dirty jazz.

    Tidak hanya terbatas pada jazz, mereka juga menggabungkan bossa nova, samba, swing, klasik, bluegrass, hingga country ke dalam musik mereka.

    Band tersebut terdiri dari 6 personel mantan mahasiswa IKJ, yaitu Fauzan Lubis (vokalis) , Rian Rahman (gitar), Eka WIji Astanto (contrabass), Aditiya Rahman (drum), Hendar Dimas Anggara (keyboard), dan Amoroso Romadian (trombone).

    Band ini dibentuk pada 2014 saat para personel masih berstatus mahasiswa. Saat pertama kali terbentuk, mereka menggunakan nama “Flyover” sebelum memutuskan mengganti nama menjadi Sisitipsi.

    Kata “Sisitipsi” merupakan pelesetan dari istilah CCTV (dibaca: sisitivi). Nama itu terinspirasi dari sebuah coretan di dinding kampus IKJ yang bertuliskan “Awas Sisitipsi” sebagai bentuk sindiran kepada pihak kampus karena terlalu banyak memasang CCTV di sudut-sudut kampus mereka saat itu.

    Mungkin ada di antara kalian yang sudah tidak asing dengan wajah salah satu anggota Sisitipsi. Sang vokalis, Fauzan, pernah menjadi peserta Indonesian Idol 2014. Ia mengikuti ajang pencarian bakat bernyanyi tersebut hingga pada tahap seleksi.

    Hingga 2020, Sisitipsi telah merilis 2 album yaitu album debut berjudul “73%” pada 2016 dan album kedua “ML (Minta Lagi)” pada 2018.

    Salah satu lagu hits mereka adalah Alkohol dari album “73%” yang bercerita tentang kenakalan cinta. Sejak merilis album terakhir mereka, Sisitipsi telah merilis tiga lagu baru sepanjang 2020 yaitu Perahu hasil kolaborasi dengan Rasvanaoki, Gaya Bercinta, dan Anak Papi.

    Editor Team

    COMMENT